Natuna Akan Jadi Pangkalan Pertahanan Negara


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:13:40 WIB
Natuna Akan Jadi Pangkalan Pertahanan Negara

JAKARTA, HALUAN — Pre­siden Joko Widodo meng­adakan rapat terbatas mem­bahas soal Kepulauan Natuna dengan beberapa menteri pasca kunjungannya ke kawasan itu beberapa waktu lalu. Sekretaris Kabinet Pramono Anung me­ngatakan, pemerintah ingin menjadikan Kepulauan Natuna sebagai home base (pangkalan induk) pertahanan negara di ujung terluar.

Pramono mengatakan, Ke­pu­lauan Natuna merupakan batas terluar RI yang ber­singgungan langsung dengan negara lain. Kawasan ini berbe­da dengan wilayah perbatasan lain di Indonesia.

Baca Juga : Alhamdulillah, Tol Kayu Agung Palembang 42,5 Km Sudah Rampung dan Siap Digunakan

“Kepulauan Natuna meru­pakan batas terluar dari RI yang berbatasan dan bersinggungan dengan negara lain. Memang mayoritas kita kebanyakan perbatasan itu di beberapa daerah, di Kalimantan, di Ti­mor dan Papua lebih banyak berbatasan dengan laut. Di Natuna ini kebetulan berba­tasan dengan beberapa negara,” kata Pramono Anung di Kom­pleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2016).

Untuk itu, lanjut Pramono, perlu ada monitoring radar yang canggih untuk menjaga wilayah perbatasan NKRI. “Kemudian, Natuna juga dija­dikan home base sebagai dae­rah pertahanan negara di ujung terluar,” kata Pramono. (h/dtc)

Baca Juga : Menkes Ajak Masyarakat Merenung Usai Banyak yang Wafat akibat Covid-19

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]