Demokrat Pecat Putu Sudiartana


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:17:16 WIB
Demokrat Pecat Putu Sudiartana I Putu Sudiartana, Wakil Bendahara DPD Demokrat Provinsi Bali.

JAKARTA, HALUAN — Partai Demokrat memutuskan memberhentikan I Putu Sudiartana dari jabatannya sebagai Wakil Bendahara DPD Demokrat Provinsi Bali, menyusul Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KK) terhadap yang bersangkutan.

“Terhadap dugaan pelanggaran Putu Sudiartana yang merupakan kader De­mokrat, kami menjatuhkan sanksi or­ganisasi tegas pemberhentian dari jabatan. Demokrat konsisten dengan pem­beran­tasan korupsi,” kata Ketua Dewan Ke­hormatan Partai Demokrat Amir Syam­suddin dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/6) malam.

Amir menyampaikan kasus hukum yang melibatkan Putu Sudiartana dila­kukan atas dasar kepentingan pribadi yang bersangkutan dan tidak ada keter­kaitan­nya dengan kepentingan Partai Demokrat.

Amir mendukung KPK menindak tegas siapapun yang terlibat dalam operasi tangkap tangan itu, sekalipun berasal dari Partai Demokrat, dengan tetap men­junjung azas pelaksanaan penegakan hukum, penyidikan, penuntutan, pe­mutusan tuntutan secara obyektif dan seadil-adilnya.

Selanjutnya DPP Partai Demokrat menginstruksikan kader partai dimanapun agar menjauhi pelanggaran seperti tindakan menerima suap, mengingat akhir-akhir ini banyak anggota dewan DPR RI terlibat kasus dugaan korupsi.

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap I Putu Sudiartana.Ia diamankan bersama tiga orang lain di tiga lokasi pada Selasa 28 Juni.

Terpisah, Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan saat jumpa pers di Cafe de Pana, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu kemarin mengatakan, Partai De­mokrat siap memberikan bantuan hukum kepada I Putu Sudiartana.

“Bahwa kaitannya dengan kasus ini kami akan berkoordinasi dengan saudara Putu untuk menyiapkan bantuan hukum jika diminta,” kata Hinca Pandjaitan.

Menurut Hinca, pasca-ditangkap KPK, pihaknya belum berkomunikasi dengan Putu. Kata dia, jika nantinya Putu terbukti mene­rima suap, maka partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini akan meme­catnya sebagai kader maupun anggota DPR.

“Posisi Beliau baik di organisasi mau­pun di DPR itu rangkaian yang sudah disiapkan dewan kehormatan,” pung­kasnya. (h/okz)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]