PTSP Latih UKM Dagang Elektronik


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:24:40 WIB
PTSP Latih UKM Dagang Elektronik Direktur Keuangan PTSP, Tri Hartono Rianto didampingi Kadep KSU, Ampri Satyawan, serta Plt Kadis Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri, Kabiro Perekonomian Sumbar diwakili Rifai, melihat produk mitra binaan PTSP, Rabu (29/6). (HUMAS PTSP)

PADANG, HALUAN — PT Semen Padang (PTSP) kembali menyalurkan dana kemitraan Rp1,79 miliar kepada 78 UKM pada Triwulan II/2016. UKM baru dan UKM yang telah dibina itu dilatih mempromosikan dagangan dan bertransaksi jual beli melalui internet atau perdagangan elektronik (e-Commerce).

“Salah satu kelemahan pe­masaran UKM kami ada­lah pro­mosi dan kemasan. Seka­rang banyak konsumen me­lirik be­lanja online (da­­ring red). Ma­kanya, kami me­nyiapkan UKM binaan ini mengikuti tren online ini,” ujar Direktur Ke­uangan PT­SP, Tri Hartono Rian­to di­dam­pingi Kadep KSU Ampri Sa­tyawan saat pem­bukaan Pem­bekalan Calon Mi­tra Bi­naan PT Se­men Pa­dang di Ge­dung Serba Guna (GSG) In­­darung, kema­rin. Ha­dir da­la­m kesem­patan itu, Plt Ke­­pa­la Dinas Koperasi dan UM­­­KM Sumbar, Zirma Yus­ri, dan Kabiro Pereko­nomian Sum­­­­bar yang diwakili oleh Ri­vai.

Baca Juga : Berhenti Mogok, Pedagang Daging Sapi Mulai Jualan Hari Ini

Tri Hartono menjelaskan, pada tahap awal, mitra binaan akan mendapatkan pelatihan dan sosialisasi tentang Perda­gangan elektronik. PTSP berharap melalui cara ini, pelaku UKM di Sumbar ma­kin mandiri dan terus ber­kem­bang hingga besar. Saat ini, ada sekitar 40 mitra binaan PTSP yang jadi eks­portir. Pihaknya mengi­ngin­kan hal yang sama terhadap pelaku usaha kecil lain.

Menurutnya, pembinaan ter­hadap usaha kecil perlu di­lakukan di tengah persai­ngan dunia usaha saat ini. Jika pelaku UKM  memiliki ma­na­jemen yang bagus dan meng­hasilkan produk ber­mu­tu, produknya akan dicari kon­sumen dan memiliki nilai jual tinggi.

Baca Juga : Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman

Sementara itu, Kadep KSU PTSP, Ampri Satyawan mengungkapkan, dana ke­mitraan senilai Rp3,09 miliar terealisasi dari target Rp10 miliar pada 2016. Sebanyak 178 mitra binaan mendapat dana bergulir tersebut.

“Untuk penyaluran tahap II ini dialokasikan Rp1,79 mi­liar untuk 78 mitra binaan, di antaranya untuk Padang, Ko­ta Solok, Bukittinggi, dan Ke­pulauan Mentawai,” tutur­nya.

Baca Juga : Dua Nagari di Pessel Panen Durian, Hasil Produksi Capai Rp400 Juta

Ia menerangkan, pada ta­hun ini, PTSP menyalurkan da­na kemitraan untuk Men­ta­wai. Ada sebanyak 24 mitra bi­­naan yang dibantu dengan to­­tal dana mencapai Rp400 ju­­ta. Saat ini, pelaku usaha ke­­cil Mentawai terus meng­ge­­liat, ada yang bergerak di bi­­dang kerajinan tangan, ma­ka­nan, dan pembuatan pera­hu.

Sejak 1987, Semen Pa­dang membina sekitar 5.800 UMKM yang bergerak di berbagai sektor, seperti in­dustri, perdagangan, perta­nian, peternakan, perke­bu­nan, perikanan, dan jasa. UMKM tersebut tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Sumbar. Sejak 1987 hingga 2016 dana Program Kemi­traan yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp104,8 miliar. (h/vid/rel)

Baca Juga : Bitcoin Resmi Diakui di RI, Cek Daftar Cryptocurrency yang Boleh Diperdagangkan di Indonesia

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]