Disambut Pasoepati

Solo Jadi Rumah Kedua Persija


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:32:19 WIB
Solo Jadi Rumah Kedua Persija

Solo, Haluan — Persija Jakarta memilih Stadion Manahan, Solo, jadi laga kandang lanjutan Torabika Soccer Championship 2016 Presented by IM3 Ooredo. Keputusan itu buntut huku­man larangan bertanding di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) akibat kericuhan saat melawan Sriwijaya FC, Jumat (24/6).

Terlebih, Stadion Wiba­w­a Mukti, Cika­rang, dan Pakansari, Bogor, yang ma­suk rencana jadi venue alter­natif dikabarkan terkendala persoalan izin.Kelompok suporter Pasoepati selaku tuan rumah menyambut baik keputusan Persija yang men­g­gunakan Stadion Ma­na­han. Wakil Presiden P­a­soe­pati, Ginda Ferach­tria­wan, memastikan Kota Solo bakal aman dan kondusif sekaligus jadi rumah kedua tim Macan Kemayoran.

“Kami sambut Persija dan The Jakmania dengan tangan terbuka di Solo. Kesempatan ini justru jadi momentum untuk mem­per­lihatkan bahwa sepak bola Indonesia termasuk Solo bisa aman,” ungkap Ginda, Rabu (29/6).

Selama ini Stadion Ma­nahan bak jadi rumah kedua bagi Ismed Sofyan dkk. Selain venue yang repre­sen­tatif dan banyak digu­nakan menggelar laga nasional hingga internasional, hu­bungan Jakmania dengan Pasoepati, yang juga suporter Persis Solo, sangat harmonis. Bahkan di jejaring sosial muncul anggapan kedua kelompok suporter itu se­perti kakak-beradik.

Meski terjadi kericuhan di Jakarta, Ginda mengaku tak khawatir. Menurutnya, insiden itu di luar prediksi. “Sudah saatnya semua pihak mulai suporter, klub, panpel, dan aparat keamanan me­nyamakan persepsi bahwa sepak bola sebagai ajang silaturahmi. Kami yakin de­ngan duduk bersama ma­salah akan terurai,” tutur Ginda, yang juga anggota DPRD Kota Surakarta itu.

Ginda turut bersimpati kepada para korban baik suporter, pihak kepolisian dan warga atas kerusuhan yang terjadi. Pihaknya hanya ber­harap kejadian serupa tidak terulang. “Semua harus bisa menahan diri dan perlu ins­tropeksi. Jangan hanya me­nya­lahkan dari satu sisi,” ujar­nya.

Sementara itu panpel Solo  langsung bergerak cepat mempersiapkan diri. Rencananya, jajaran Panpel akan bertemu dengan Ketua Umum Persija, Fery Paulus, di Solo dalam waktu de­kat.”Mungkin dalam dua hari ke depan ada pertemuan dengan Mas Fery. Beliau sudah konfirmasi. Istilahnya koordinasi awal dulu dengan manajemen Persija,” kata ketua Panpel Solo, Heri Istan­to, Rabu (29/6). (h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]