TSR DPRD Sumbar Di Tanah Datar

Masyarakat dan Pemerintah Harus Saling Sinergi


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:43:52 WIB
Masyarakat dan Pemerintah Harus Saling Sinergi Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datuak Intan Bano, menyerahkan bantuan pengembangan masjid senilai Rp20 juta kepada pengurus Masjid Saadah, Sungai Tarab, Tanah Datar, Selasa (28/6). (ANGGA)

PADANG, HALUAN — Masya­rakat Kabupaten Tanah Datar diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah yang di­pimpin oleh kepala daerah baru, terutama dalam segi pem­bangu­nan demi me­maju­kan kehidupan daerah tersebut.

Arahan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, dalam sambutannya pada kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) DPRD Sumbar di Mesjid Assa’adah, Koto Panjang, Keca­matan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (28/6).

“Gubernur-Wakil Gubernur dan Bu­pati-Wakil Bupati baru dilantik sebagai kepala daerah. Kedua pemimpin ini memiliki pengalaman dalam memimpin sehingga masyarakat harus bisa me­manfaat­kannya untuk bekerja sama memajukan daerah,” kata Arkadius.

Lebih lanjut, Arkadius menuturkan, Kabupaten Tanah Datar adalah daerah yang sangat strategis untuk maju dan berkembang. Di samping itu, Sumber Daya Alam (SDA) daerah ini sangat melimpah.

“Mayoritas masyarakat tanah datar adalah petani dan peternak. Jika mampu mengem­bangkan pengetahuan dan hasil panen, pasti akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Apalagi dengan adanya jalan raya yang menghubungkan Paya­kum­buh ke Sawah­lunto serta Sijunjung,” kata Arkadius.

Dengan adanya sumber pendukung seperti itu, akan sangat mudah bagi masya­rakat Tanah Datar untuk berbenah dan mengkritisi pemerintah jika kinerjanya tidak baik. Pasalnya, peluang untuk maju dan sejahtera itu sangat terbuka.

“Kritik jika kinerja pemerintah tidak beres. Tetapi jangan asal kritik saja. Kita harus bersama-sama membangun negeri demi kesejahteraan. Bekerjasamalah dengan pemerintah kabupaten dan pro­vinsi,” kata Arkadius lagi.

Dijelaskannya, jika sumber daya alam menunjang untuk maju, sebaiknya didu­kung pula oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Karena itulah, antara SDA dan SDM harus berimbang. Alangkah baiknya, bagi generasi penerus untuk lebih gencar untuk mengembangkan pengetahuan selama yang tua-tua berusaha untuk memperbaiki kualitas hidup.

Namun, tidak bisa dipungkiri pula sampai sekarang masyarakat tanah Datar masih menagih janji kampanye yang disampaikan oleh kedua pemimpin terse­but jika terpilih menjadi kepala daerah.

“Karena itulah, mari kita sama-sama mendorong agar kepala daerah terpilih tersebut mengaplikasikan janjinya di Tanah Datar ini. Awasi dan bersama-sama bekerja dengan mereka,” katanya. (h/mg-ang)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]