Wabup Amrizal Geram

Pembalakan Liar Hancurkan Dharmasraya


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:52:54 WIB
Pembalakan Liar Hancurkan Dharmasraya Wabup Amrizal Dt.Rajo Medan didampingi Kapolres Dharmasraya, AKBP.Lalu Muhammad Iwan Mahardan, saat menyita tiga potong kayu gelondongan dan dua unit truk di Sungai Lansek Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung. (MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN — Pembalakan liar atau illegal loging, yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab di Sungai Lansek, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, mengancurkan dan sangat merugikan berbagai objek termasuk objek wisata budaya yang ada di lokasi itu.

“Pembalakan liar yang dila­kukan oleh oknum tidak ber­tanggung jawab di Sungai Lansek, akan menimbulkan kerugian besar terhadap daerah apabila dibiarkan begitu saja,” kata Wakil Bupati Dharmas­raya, H.Amrizal Dt.Rajo Me­dan,  kepada Haluan di Pulau Punjung, Rabu (29/06), ke­maren.

Baca Juga : Atap Pasar Produksi Blok C Kota Pariaman Ditumbuhi Rumput Liar

Dijelaskannya, akibat per­buatan illegal tersebut, akan banyak muncul kerugian yang akan ditanggung oleh masya­rakat secara langsung maupun daerah, seperti rusaknya objek wisata candi yang tidak jauh dari lokasi pembalakan liar, hancurnya jalan menuju lokasi objek wisata dan perkam­pungan setempat serta berbagai kerusakan alam.

Ia memaparkan, rusaknya objek wisata akibat pembalakan liar dampaknya cukup besar, karena objek wisata candi yang ada tersebut berkaitan erat dengan sejarah di Indoensia. ”Merusak lingkungan sekitar objek wisata sama dengan meng­hancurkan wisata budaya yang ada di nagari itu,” imbuhnya.

Baca Juga : Dugaan Pemaksaan Memakai Jilbab di SMK N 2 Padang, Kuasa Hukum Wali Murid Surati Jokowi

Begitu pula akibat pem­balakan liar, jalan menuju Sungai Lansek tersebut jelas akan hancur, hal ini akan berdampak langsung terhadap masyarakat karena bersentuhan lansgung dengan masyarakat yang lalulalang setiap ha­rinya.”Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah untuk membangun jalan ter­sebut,”katanya.

Kemudian kerusakan ling­ku­ngan akibat dari pembalakan liar sudah jelas akan terjadi, dengan rusaknya lingkungan, maka siap siap masyarakat setempat untuk menerima ganjaran dari Tuhan berupa bencana.”Allah akan marah apabila alam dirusak,”tegasnya.

Baca Juga : Fauzi Bahar: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Seharusnya kata kader Partai Hanura ini, masyarakat setempat harus pro aktif dalam pemberantasan illegal loging, karena yang akan merasakan mudaratnya adalah masyarakat setempat, sementara orang orang yang tidak bertanggung jawab akan menikmati hasilnya saja.”Masyarakat laporkan kalau ada aktivitas illegal loging,”ajaknya.

Mantan anggota DPRD Dharmasraya dua periode ini mengajak seleuruh stakeholder untuk berkomitmen dalam pemberantasan illegal loging ini, karena hanya dinikmati oleh sebahagian orang saja, apalagi Nagari Siguntur berada di sepanjang Sungai Ba­tanghari. (h/mdi)

Baca Juga : Usai Dilantik, Pengurus FAJI Kota Pariaman Mulai Susun Program Kerja

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]