Omset Pedagang Melonjak

Pasar Raya Disesaki Pengunjung


Kamis, 30 Juni 2016 - 07:09:34 WIB
Pasar Raya Disesaki Pengunjung Ilustrasi.

PADANG, HALUAN —  Seminggu jelang Le­baran, pengunjung Pasar Raya Padang semakin membludak dan penuh sesak oleh masyarakat yang ingin berbelanja.

Dari pantauan Haluan, Ra­bu (29/6) saat ini tingkat kepa­datan pengunjung meningkat diperkirakan hingga dua kali lipat dibandingkan pada hari-hari sebelumnya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Hal tersebut dibenarkan Dona (34) salah seorang pe­dagang pakaian di Pasar Raya Padang. Ia kewalahan bahkan melayani banyaknya pembeli yang datang.

“Kami memang merasakan kewalahan melayani pe­ngun­jung saat ini dibanding pada hari-hari sebelumnya,” ung­kapnya.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Dikatakan Dona, kenaikan jumlah pengunjung membuat omsetnya naik signifikan. Bila seminggu sebelumnya omset­nya hanya Rp3-4 Juta, maka kini mencapai Rp8 Juta.

Menurut dia, kepadatan pengunjung pasar ini akan terus meningkat dan memuncak menjelang datangnya Lebaran. hal ini juga disebabkan ke­khawatiran masyarakat akan meningkatnya harga kebutuhan pokok Lebaran khususnya baju Lebaran.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

“Pasar ini bisa dipastikan akan terus ramai, terlebih saat Tunjangan Hari Raya (THR) para pegawai mulai dibagikan,” ujarnya.

Hal yang sama juga dialami  Depi (37). Ia  mengatakan, kenaikan omset penjulannya mencapai lima kali lipat dari sebelum menjelang Lebaran dan kemungkinan akan terus meningkat.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

“ Jika pada hari biasa, total penjualan sekitar Rp 1 Juta, menjelang Lebaran bisa di atas Rp5 Juta,” jelas Depi yang menjual pakaian.

Begitu juga halnya dengan pedagang pakaian lainnya Af­rianto (42). Dia mengatakan bahwa dagangannya mulai banyak pembeli sejak beberapa hari yang lalu.

“ Sebelum mendekati Leba­ran biasanya pembeli hanya sekedar melihat-lihat dan hanya sedikit yang membeli, Tapi kini mulai ramai. Sehari saya bisa dapat hingga Rp5 Juta,” Ucap afrianto .

Besarnya omset yang dite­rima pedangang kaki lima di pasar raya juga di tunjang dengan adanya izin dari Dinas Pasar Kota Padang  kepada pedagang.

Pedagang diizinkan berju­alan di tempat mereka biasa yang mereka tempati sebelum adanya penertiban.

Selain itu, Dinas Pasar juga mengizinkan pedangan untuk membuka lapak mereka di pagi hari. Dengan ketentuan lapak mereka tidak boleh melewati garis putih pembatas jalan.

“ Adanya keringan ini dari Dinas Pasar membuat kami lebih leluasa berjualan dan dapat beroperasi dari pagi hari. Izin berjualan ini diberikan menjelang hari Lebaran dan akan di cabut kembali setelah lebaran berakhir. Pedagang harus kembali ke tempat se­mula setelah adanya pener­tiban,” ucap Simen.

Salah seorang pengunjung Pasar Raya Rini (25) menu­turkan pada Haluan, pihaknya mengaku mencari baju Lebar­an untuk dirinya dan keluarga, selain itu juga mencari kebu­tuhan pokok untuk lebaran nanti.

“Kami khawatir harga baju dan kebutuhan pokok lainnya akan meningkat lagi menjelang datang Lebaran. Jadi untuk antisipasi itu kami luangkan waktu dari sekarang untuk membelinya ke pasar,” aku Rini, (h/mg-ina/mg-eby).

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]