Dukung Kenyamanan Pemudik

Sejumlah Ruas Jalan Dijadikan Rest Area


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:01:16 WIB
Sejumlah Ruas Jalan Dijadikan Rest Area

PASAMAN, HALUAN — Hiruk pikuk mudik lebaran tinggal beberapa hari lagi. Sejumlah daerah berlomba-lomba untuk memberikan ke­nyamanan untuk para pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua, empat maupun angkutan umum.

Di Kabupaten Pasaman, misalnya, berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan Lebaran di Ma­polres setempat, diputuskan bahwa Kantor Polsek, Koramil ditiap kecamatan disepanjang jalur mudik akan difungsikan sebagai rest area.

Baca Juga : RSUD Lubuk Basung Siapkan 10 Tenaga Medis Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

“Hasil rapat diputuskan, kita akan membangun rest area di Kantor Polsek, Kecamatan dan Markas Koramil. Tuju­annya untuk membantu pe­mudik yang kelelahan agar bisa beristirahat dengan aman dan nyaman, sebelum melanjutkan perjalanan,” ujar Kapolres Pasaman Reko Indro Sasongko.

Reko menjelaskan rest area tersebut akan dilengkapi ber­bagai fasilitas, khususnya untuk pemotor. Selain tempat isti­rahat, lanjut dia, juga dise­diakan tenaga medis dan beng­kel motor.

Baca Juga : Akhir Minggu, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Agam Semakin Diminati

Dengan fasilitas tersebut dia berharap pemudik bisa me­man­faatkan untuk beristirahat. Sehingga saat melanjutkan perjalanan bisa kembali bugar.

“Harapannya bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik, dan juga arus balik,” kata mantan Ka­polres Mentawai ini.

Baca Juga : Pohon Tumbang di Tiku, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

Pihaknya mengimbau selu­ruh pemudik untuk mewas­padai titik-titik rawan longsor di sepanjang jalur mudik yang ada di wilayah selatan, utara dan barat daerah itu. Seperti, Lurah berangin  Bonjol, Rimbo Malampah Tigonagari, Rimbo Panti, Rimbo Panti-Duokoto dan Muara Cubadak Rao.

“Kita sudah memetakan ada lima lokasi atau titik rawan longsor yang ada di jalur mudik Idul Fitri 1437 Hijriah atau Lebaran 2016. Jadi, pemudik harus berhati-hati ketika me­lintasi kawasan itu,” katanya.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

Ia menuturkan keberadaan titik rawan longsor kebanyakan berada di area perbukitan sehingga pergerekan tanah masih dinilai rawan.

Oleh karena itu ia meminta pemudik untuk hati-hati dan mematuhi rambu-rambu peri­ngatan selama perjalanan mu­dik.

Selain itu, lanjut dia, Polres Pasaman bersama beberapa pihak sudah berkoordinasi untuk mengantisipasi bencana longsor. Seperti bersama PU menyiagakan alat berat dise­jumlah titik rawan itu.

“Tentunya kami meminta kepada pemda untuk menyi­apkan kendaraan alat berat di tempat rawan bencana atau longsor,” kata dia. (h/mg-yud/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]