Bupati Imbau Warga Waspada Selama Lebaran


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:02:38 WIB
Bupati Imbau Warga  Waspada Selama Lebaran BUPATI Pasaman H Yusuf Lubis berbuka bersama anak yatim dan pengurus Panti Asuhan. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mening­katkan keamanan jelang Le­ba­ran dalam mengantisipasi tindak kriminalitas.

“Kami mengimbau jelang Lebaran atau satu minggu ke depan, masyarakat lebih peduli dengan lingkungannya ma­sing-masing,” kata Yusuf Lubis, kemarin.

Pasalnya, kata bupati, pada hari terakhir Ramadhan, kejahatan bisa saja mening­kat. Karena itu masyarakat harus waspada dan saling memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Oleh sebab itu, peran warga maupun jorong, Wa­linagari bisa saling bersinergi dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan wilayahnya masing-masing, terutama mendekati Lebaran 1437 Hijriyah.

“Kita ketahui, bila me­n­jelang Lebaran seperti pasti ada sejumlah rumah yang kosong karena ditinggal peng­huninya mudik ke kam­pung masing-masing. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang mari bersama-sama menjaga keamanan lingkungannya masing-masing,” katanya.

Yusuf Lubis mengatakan, apabila ada beberapa hal yang mencurigakan di sekitar ling­kungan setempat, segera laporkan ke pihak yang ber­wa­jib. Ia pun melarang, warga untuk tidak main hakim se­n­diri.

“Hukum itu adalah pang­lima. Jadi, jika tertangkap tangan segera segera ke Polisi. Jangan main hakim,” katanya.

Selain itu, kata dia, pihak­nya mendorong agar warga kembali menggerakkan Sis­kamling bersama, guna me­minimalisir terjadinya aksi pencurian di rumah warga.

Dia juga berharap, pihak dari kepolisian setempat bisa selalu mengadakan patroli rutin di wilayah yang diang­gap rawan kriminalitasnya sebagai upaya mencegah perbuatan melawan hukum di daerah tersebut.

“Polisi juga kita harapkan melakukan patroli rutin, untuk menjaga situasi tetap kondusif,” katanya. (h/mg-yud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]