Rumah Sakit dan Puskesmas Siap Berikan Pelayanan


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:05:45 WIB
Rumah Sakit dan Puskesmas Siap Berikan Pelayanan

SOLOK, HALUAN — Selu­ruh Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di wilayah kerja Badan Pelaksana Jaminana Sosial (BPJS) Kesehatan ca­bang Solok siap memberikan pelayanan pada peserta BPJS Kesehatan dalam menyambut lebaran tahun 2016 dengan memangkas sistim birokrasi dan prosedur lebih ringkas.

Kesiapan RSUD dan Pus­kesmas diungkapan para direk­tur RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan di 6 kabupaten/kota dalam wilayah kerja BPJS Kesehatan dihadapan wartawan di Aula BPJS Kesehatan Ca­bang Solok Rabu (29/6). Ke-6 Kabupaten/Kotaitu yakni Ka­bupaten Solok, Kota Solok, Kota Sawah Lunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dhar­masraya dan Kabupaten Solok Selatan.

Sebelumnya kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Dewi Kurnia Wijayati dihadapan wartawan mengatakan,  para peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran tahun ini dijamin bisa memperoleh pela­yanan kesehatan dengan pro­sedur yang lebih ringkas, de­ngan catatan peserta bisa mem­bawa kartu BPJS Kese­hatan, kartu Askes, Jamkesmas dan lainnya.

Dalam pelayanan, BPJS Kesehatan memangkas pro­sedur, dimana peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setem­pat, peserta dapat langsung mengunjungi IGD dan rumah sakit terdekat yang sudah di­tunjuk  oleh kantor cabang.

Perlu diketahui, pelayanan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan ber­status aktif, oleh karenanya peserta harus bisa memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaan selalu aktif.

Siap memberikan pela­yanan

Direktur RSUD Solok, Er­no­viana mengatakan, dalam menyambut lebaran,  pelayanan di RSUD khususnya Unit Ga­wat Darurat (UGD) siap 24 jam, kecuali untuk poliklinik memang tutup, dalam pela­yanan itu, disiagakan 3 orang dokter setiap hari, 2 dokter umum dan 1 dokter spesialis. Begitu juga pelayanan apotek juga demikian.

Pjs Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Patrial Panai me­ngatakan, untuk Puskesmas pelayanan dilaksanakan jam 09. Sampai jam 12.00 khusus pada lebaran 6-7 Juli, besoknya melaksanakan pelayanan seper­ti biasa karena memberi kesem­patan pada petugas medis melaksanakan shalat Idul Fitri.

Hal senada juga disam­paikan kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, dimana Puskesmas yang berada di jalan lintas Sumatera dan UGD buka 24 jam, disamping pelayanan pada Puskesmas juga menempatkan petugas kesehatan pasa Posko Ramadya yang dulunya dikenal dengan Poskotif maupun posko ops ketupat dan sekarang di­ganti menjadi Posko Ramadya. Tak hanya itu, di RSUD Sijun­jung juga demikian, malahan Posko Ramadia ditempatkan di UGD RSUD Sinjunjung yang berada di jalan lintas Sumatera Tanah Badantung.

Kota Sawahlunto juga me­lak­sanakan hal yang sama, Puskesmas yang ada di wila­yahnya seperti Puskesmas di Silungkang yang berada di jalan lintas Sumatera dan Puskesmas Talawi buka 24 jam, Puskesmas itu juga untuk rawat nginap. Baik Rumah Sakit Umum dae­rah maupun Puskesmas yang ada menyatakan kesiapan mem­berikan pelayanan selama H-7 dan H+7 sehingga ma­syarakat yang mudik lebaran terlayani dengan baik. (h/alf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]