Status Tanah UMMY Solok Diserahkan ke Pemko


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:07:44 WIB
Status Tanah UMMY Solok Diserahkan ke Pemko Prof Muhammad Yamin, SH

SOLOK, HALUAN – Status tanah tempat pendirian kam­pus Universitas Mahaputra Mu­hammad Yamin (UM­MY) Solok di jalan Jendral Sudir­man Kota Solok sudah dise­rahkan Pemerintah Kota Solok dan DPRD untuk pem­bangu­nan kampus UMMY Solok.

Berita acara penyerahan tanah untuk pembangunan kampus UMMY Solok itu dituangkan dalam surat ke­putusan DPRD Kota Solok nomor 02/KPTS/DPRD-19­95 tertanggal 19 Maret 1995 yang ditandatangani ketua DPRD Kota Solok Nur­ma­dias Abbas waktu itu.

Baca Juga : Pohon Tumbang di Tiku, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

Hal itu diungkapkan Ke­tua Yayasan Mahaputra Prof Mu­hammad Yamin, SH Prof.DR Novirman Jamarun, MSc, dalam jumpa persnya dengan wartawan di kampus UMMY Solok Sabu lalu. Hadir waktu itu Ketua Dewan Pe­nyantun Prof DR Fachri Ah­mad, MSc, Rek­tor UM­MY So­lok Prof DR Elfi Sahlan Ben, Apt, Sekretaris ya­ya­san Darmaliza Said dan pendiri UMMY Hasan Basri.

Menurut Novirman Jama­run, gonjang ganjing tentang status tanah dan bangunan Kampus UMMY Solok ter­jawab sudah ka­rena  DPRD Kota Solok da­lam putu­san­nya me­nye­tu­jui penyerahan tanah negara yang terletak di jalan Jendral Sudirman un­tuk kepen­ti­ngan pem­ba­ngunan kam­pus UMMY dengan status hak guna bangunan ta­hun 1995 silam na­mun jika terjadi ke­ke­liruan dapat dtin­jau ulang kembali.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

Penyerahan ta­nah negara untuk kampus UM­MY So­lok di­da­hu­lui per­mohonan da­ri ketua Yayasan yang waktu itu dija­bat Noer bahri Pa­muncak ke Pemda Kota Solok, dari Pemda Kota Solok diteruskan ke DP­RD karena sesuai dengan Per­men­dag­ri no 4/1979, pele­pasan hak harus men­dapat persetujuan dari DPRD.

Sementara menyangkut kampus II di Koto Baru eks kantor Bupati Solok statusnya merupakan pinjam pakai, awalnya disewa oleh UMMY Solok ke Pemda Kabupaten Solok, namun dikemudian hari berdasarkan hasil peme­riksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sewa itu menjadi temu­an maka dihen­tikan sewa me­nyewa. Dalam perjanjian antara UMMY Solok dengan Pemda Kabu­paten Solok, peminjaman eks kantor Bupati Solok di Koto Baru itu sampai tahun 2020.

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Diliriknya eks kantor Bu­pati Solok di Koto Baru dija­dikan kampus II UMMY Solok kata Rektor UMMY Solok Elfi Sahlan Ben untuk menghindari kekecewaan masyarakat Koto Baru pasca pindahnya kantor Bupati Solok ke Aro Suka. Ma­syarakat Koto Baru me­nye­rahkan tanah untuk pem­bangunan perkantoran tahun 70 an silam dengan maksud nagari Koto Baru bisa lebih maju, pembangunan pesat dan ekonomi masyarakat me­ning­kat.

Untuk mengimbangi agar tidak terjadi stagnasi pere­konomian masyarakat, maka dipinjamah eks kantor Bupati Solok dijadikan kampus UM­MY, dengan demikian, roda perekonomian masyarakat tetap bergairah karena hi­dupnya rumah-rumah cost, sopir kendaraan angkutan umum dan warung-warung.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Menyangkut status prog­ram studi (Prodi) di UMMY Solok, diakui Elfi Sahlan masih akretitasi C, dari 12 program studi yang ada, baru 1 Program studi peternakan akreditasi B, saat ini UMMY Solok sedang mempersiap­kan penilaian dari Badan Akredtitasi Nasional Per­guruan Tinggi (BAN-PT) sehingga status Prodi di UM­MY Solok bisa naik ke­las.  (h/alf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]