Musorkablub KONI Kabupaten Solok Alot

Rudi Horizon Nahkoda Baru


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:30:45 WIB
Rudi Horizon Nahkoda Baru PLT Ketua umum KONI Sumbar Syaiful, SH,M.Hum didampingi Ketua KONI Kabupaten Solok terpilih Rudi Horizon Foto bersama dengan sejumlah pengurus cabang olahraga selepas pelaksanaan musorkablub KONI Kabupaten Solok di ruang danau Singkarak komplek Kantor Bupati Solok Arosuka, Kamis (30/6). (YUTIS WANDI)

Arosuka, Haluan — Gon­­jang ganjing kepe­mim­pinan di tubuh KONI Kabu­paten Solok akhirnya me­nemui titik terang, setelah di gelarnya Musyawarah Olah­raga Kabu­paten Luar Bia­sa (Musor­kablub) KONI Kabu­paten So­lok pada Kamis (30/6) kema­ren. Rudi Hori­zon terpilih secara demokratis dan di­tetapkan pada sidang pleno ke 3  untuk menjadi nahkoda baru KONI Kabupaten Solok pe­riode lima tahun men­da­tang.

Dari dua orang calon yang mengapung, yaitu Rudi Ho­rizon dan Doni Zulkifly,ST, Rudi  yang juga Wakil Ketua Umum Perkemi Sumbar ini terpilih dengan perolehan 24 suara sedangkan Doni Zul­kifly hanya mampu me­ngan­tongi 7 suara cabor. Ber­sa­maan dengan terpilihnya Rudi Horizon, pada Musorkablub tersebut juga langsung dite­tapkan 4 orang formatur yang akan membantu ketua umum terpilih menyusun ke­pe­ngu­rusan, yaitu Efriadi, Israr Jalinus, Irwan dan Madra Indriawan.

 Sejak awal pelaksanaan musyawarah  hingga proses akhir pemilihan semuanya berjalan alot dan me­ne­gang­kan. Hujan interupsi terhadap dasar pe­lak­sanaan M­u­sor­kablub hingga tata tertib mu­syawarah menjadi gambaran hangatnya dinamika Mu­sor­kablub yang dipimpin oleh Madra Indriawan, Ricky Car­nova dan Darmansyah dari perwakilan dari KONI Pro­vinsi. Bahkan Plt Ketum KONI Pro­vinsi Syaiful, SH, M.Hum  berkali-kali mengambil mi­krofon untuk memberikan pen­jelasan dan mendinginkan tensi peserta sidang.

Terkait legalitas pelak­sanaan Musorkablub ini, Syai­ful mengaku hal itu bu­kanlah sesuatu yang haram untuk dilakukan. Karena semuanya diakomodior dalam Undang-Undang  tentang sistim ke­olah­ragaan nasional dan Pe­raturan Pemerintah  nomor 16 tahun 2007 serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KONI. “ Yang penting harus terpe­nuhi persyaratan dan keten­tuan yang ada. Nah, untuk Musorkablub KONI Kabu­paten Solok ini sudah me­menuhi salah satu unsur yaitu, diusulkan oleh 2/3 atau lebih pengurus cabang Olah­raga,” ungkapnya.

Kendati  sempat berjalan panas, pihaknya san­gat meng­apresiasi dan m­e­ngaku salut terhadap  ke­pe­dulian  yang ditunjukkan insan olahraga Kabupaten Solok  hingga terpilihnya ketua umum yang baru.    ”Al­hamdulillah, semua prosesi Musorkablub berjalan lancar, meski ada riak-riak, namun itu adalah bagian dari dinamika de­mokrasi pada musyawarah ini. Saya yakin mereka semua punya ke­ingi­nan yang sama untuk me­majukan olahraga di daerah ini,” kata Syaiful sebe­lum penutupan Musorkablub.

Syaiful berharap kepada pengurus baru untuk ber­gerak cepat dalam menyusun kepe­ngurusan yang me­ru­pakan tim kerja dalam mem­bangun olah­raga di daerah penghasil beras itu. “Su­sunlah pengurus yang betul-betul mau bekerja sama dan sama-sama bekerja. Tidak perlu struktur nya gemuk yang penting siap berkorban untuk kemajuan olahraga Kabupaten Solok kedepan,” tukas Syaiful.

Sementara itu, Kadisdik Pora Kabupaten Solok Zul­fadli, S.Pd, M.Pd dalam ka­pasitasnya mewakili Bupati So­lok berharap dari pelak­sanaan Musorkablub ini mam­pu menyatukan per­bedaan dan polemik yang melanda induk organisasi olahraga tersebut. “ Bermusyawarah merupakan wadah untuk men­cari titik temu dari segala persoalan yang terjadi saat ini, selepas itu yang ada adalah kebu­latan tekad untuk ke­majuan,” tegasnya.

Terkait itu, Ketua Umum terpilih mengaku sangat me­ng­­apresiasi kehadiran dan antu­sias pengurus cabang olahraga di daerah itu. Pi­haknya ber­harap selepas pelaksanaan musorkablub itu, semua insan olahraga di daerah itu kembali bersatu padu dan melupakan per­bedaan yang ada. “Tanpa kebersamaan, mustahil kita akan mampu meraih mimpi untuk memajukan olahraga di daerah ini,” kata Rudi yang juga pelatih Kempo Sumbar ini.  

Karena menurutnya, tugas berat bagi kepengurusan baru telah menanti, seperti pem­benahan atlet untuk mem­per­tahankan prestasi Kabupaten Solok pada iven Porprov di akhir November mendatang di Kota Padang. ”Tekad kita sama, bagaimana memajukan olahraga. Tidak ada lagi ca­bor yang akan dianak tiri dan anak kan­dungkan. Kita ingin pres­tasi pada Porprov yang lalu lebih meningkat pada tahun ini,” katanya. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]