171 Personil Polisi Dikerahkan Amankan Pilkada Mentawai 2017


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:49:57 WIB
171 Personil Polisi Dikerahkan Amankan Pilkada Mentawai 2017 Ketua DPC Partai Hati Nurati Rakyat (Hanura) Kabupaten Mentawai, Melki Sapolenggu menandatangani nota kesepakatan koalisi disaksikan Ketua DPC Partai Demokrat Mentawai, Samseri beberapa waktu lalu. Koalisi ini sepakat untuk mengusung calon pada Pilkada Mentawai 2017 mendatang. (PATRIS MK)

MENTAWAI, HALUAN—Untuk mewujudkan Pilkada yang kondusif pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mentawai tahun 2017 mendatang, Polres Mentawai akan menurunkan sebanyak 171 personil untuk pengamanan hingga seluruh tahapan Pilkada berakhir. 

“Pengamanan kita sesuaikan dengan tahapan Pilkada. Untuk kantor penyelenggara, jika kegiatan rutin kita letakkan 4 orang ke­a­manan per hari. Tapi kalau etala­senya memuncak kita tempatkan disitu satu peleton polisi, misalnya saat peng­hitungan surat suara,” papar Kapolres Kabupaten Kepu­lauan Mentawai, AKBP Hasa­nud­din, S.Ag kepada wartawan usai buka puasa bersama dengan rekan media di sebuah ruang makan Jalan Raya Tuapejat KM 2, Rabu (29/6) malam.

Baca Juga : Tak Lagi Menjabat, Bupati Yusuf Lubis Nyatakan Siap Maju ke Senayan

Dikatakannya, untuk pen­distri­busian surat suara akan dipandu dari KPU sampai ke kecamatan. Dan nanti setiap anggota Polsek yang tersebar di setiap kecamatan, akan membantu melanjutkan me­nga­wasi penyelenggaraan Pilkada. Mulai dari PPK sampai ke setiap desa dan TPS, sampai selesai.

“Kita akan giring pen­ye­leng­gara Pilkada mulai tahapannya sampai nanti mengantarkan surat suara dan menjemput surat suara kembali. Untuk pengamanan di setiap TPS kita akan terapkan pola aman dengan 2 orang personil dan 10 linmas di 10 TPS. Rawan satu kita letakkan 2 personil dan 4 Linmas di 2 TPS, kemudian rawan dua kita siapkan 2 orang personil dan 4 Linmas di 1 TPS,” terangnya.

Baca Juga : Begini Langkah Kongkrit Partai Gelora Bantu Korban Banjir Kalsel

Sementara itu terkait anggaran, dia mengatakan biaya pergeseran personil untuk Kepulauan Men­tawai lebih besar dibandingkan dengan daerah lain di Sumatera Barat, menurutnya yang membuat besarnya biaya itu karena faktor geografis sehingga transportasi lebih mahal. Sedangkan anggaran sendiri dikatakannya dari Pemda setempat.

“Anggaran dari Pemda dan itu sudah disepakati sesuai dengan apa yang kita butuhkan, sekarang ada dua daerah yang akan melak­sanakan pilkada di 2017, yakni Mentawai dan Payakumbuh. Kalau kita melihat plafon anggarannya lebih besar di Mentawai dan itu wajar,” paparnya.

Baca Juga : Hendri Septa Pimpin PAN, Zulkifli Hasan: Rancak Bana

Lebih lanjut dikatakannya untuk memaksimalkan penga­manan pihaknya sudah berkoor­dinasi dengan TNI yang nanti akan dikoordinir oleh Kodim 0319 Mentawai termasuk TNI Angkatan Laut. (h/mg-red)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]