Bahas Pemekaran Nagari dan Pemberantasan Narkoba

TSR Provinsi ke Lengayang dan Lubuak Mangindo


Jumat, 01 Juli 2016 - 05:58:03 WIB
TSR Provinsi ke Lengayang dan Lubuak Mangindo Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid, menyerahkan bantuan pengembangan masjid senilai Rp20 juta serta beberapa helai tikar kepada pengurus Masjid Istiqomah Kampung Padang Panjang I, Kambang Utaram Kecamatan Lengayang, Pessel, Rabu (29/6). (HUMAS PEMPROV)

PESSEL-AGAM, HALUAN — Meskipun tengah dimoratorium, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar akan berusaha untuk menggunakan pendekatan lain dengan pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran di beberapa nagari di Sumbar. karena dengan pemekaran, masyarakat akan lebih mudah dalam mengurus keperluan administrasi.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, saat memimpin Tim Safari Ramadan (TSR) Pemprov Sum­bar di Masjid Istiqomah Kam­pung Padang Panjang I, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (29/6).

“Sejak saya menjadi Wakil Bupati Pessel, saya telah me­nyarankan agar Kambang men­jadikecamatan. Karena dengan pemekaran tersebut dapat mem­­­permudah masyarakat dalam administrasi pe­me­rin­tahan. Karena jumlah masya­rakat Kambang cukup banyak, yaitu 68.000,” kata Nasrul.

Terkait pembangunan jalan tembus Kambang-Mua­rola­buah, Wagub me­nyampaikan saat ini gubernur telah me­nyurati Ke­menterian LHK dan berharap semoga mendapat respon positif, sehingga pem­bangunan jalan dapat di­lan­jutkan.

Rombongan TSR Provinsi Sumbar di Lengayang terdiri dari Kepala Dishubkominfo Sumbar, Kepala Biro Pe­me­rintahan Setdaprov Sum­bar, Kepala Biro Pembangunan dan Kerja Sama Rantau, Per­wa­kilan DPKD Sumbar dan Per­wakilan Biro Binsos Set­daprov Sumbar. Hadir pula Anggota DPRD Pessel Darwiadi, Sek­cam Lengayang dan Walinagari Kambang Utara.

Sekretaris Camat dalam sambutannya menyampaikan kunjungan TSR Provinsi yang dipimpin wakil gubernur, ka­rena sangat berdampak positif dalam upaya peningkatan sila­turahmi antara masyarakat Lengayang dan pemerintah provinsi.

Sekcam juga meng­in­for­masikan beberapa imbauan pemerintah Pessel, seperti larangan penggunaan dan mem­­perjualbelikan petasan. Selain itu, juga adanya larangan organ tunggal di malam hari. Di akhir kunjungan wagub me­nye­rahkan bantuan pengembangan masjid senilai Rp20 juta serta tiga gulung tikar.

Sementara itu di Lubuak Basuang, Sekda Provinsi Su­matera Barat Ali Asmar beserta rombongan melaksanakan ke­giatan safari Ramadan Masjid Nurul Iman Lubuk Mangindo, Lubuk Basuang, Agam. Rabu (29/6).

Dalam arahannya, Ali As­mar menekankan 3 hal penting kepada jemaah, yaitu pen­tingnya mempererat silatu­rahmi, memerangi narkoba dan upaya pembangunan infra­struktur di Sumatera Barat.

“Kita melihat dan meninjau beberapa Lembaga Pe­ma­syara­katan yang ada di Sumbar, rata-rata tahanan penghuni ter­banyak yaitu karena kasus narkoba, begitu besarnya pe­ngaruh negatif dari barang haram tersebut,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya, ia me­ngajak generasi muda dan se­luruh lapisan masyarakat untuk jangan sekali-kali me­nyentuh, bahkan mendekati narkoba, karena saat ini nar­koba menjadi salah satu ma­salah terbesar yang sedang dihadapi oleh Sumatera Barat.” Tegas Ali Asmar.

Turut hadir mendampingi pada safari ramadhan tersebut Asisten III Bidang Ad­mi­nistrasi Umum Sudirman Gani, Kepala Badan Per­pustakaan dan Arsip Prov Sumbar Alwis, Kabiro Umum Asben Hendri, Se­kretaris KORPRI Eko Paisal, dan Sekretaris Kab. Agam Mar­tias Wanto. (h/isq/isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]