Asistensi Sosial Bukittinggi

190 Lansia dan Disabilitas Terima Bantuan


Jumat, 01 Juli 2016 - 06:02:54 WIB
190 Lansia dan Disabilitas Terima Bantuan

BUKITTINGGI, HALUAN — Sebanyak 190 lansia dan disabilitas menerima bantuan asistensi sosial dari Pemko Bukittinggi. Penyerahan bantuan tersebut oleh Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi di Hall Kantor DPKAD Bukittinggi, Kamis (30/6).

Irwandi mengungkapkan, bantuan tersebut bertujuan untuk membantu pemenuhan sebagian kebutuhan dasar hidup lansia dan penyandang disabilitas. Dan pada akhir­nya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca Juga : Yozarwardi: Perhutanan Sosial Solusi Kurangi Konflik Kehutanan di Dharmasraya

“Bantuan kita berikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu perbulan perorang. Untuk tahap per­tama ini, kita bayarkan untuk empat bulan mulai dari Ja­nuari hingga April 2016,” kata Irwandi.

Ia menyadari belum selu­ruh lansia dan penyandang disabiltas di Kota Jam Ga­dang dapat difasilitasi dan dibantu pemerintah. Hal itu disebabkan keterbatasan ang­garan, sehingga khusus bagi lansia diprioritaskan yang berusia di atas 70 tahun, yaitu sebanyak 150 orang. Se­dangkan untuk penyandang disabilitas diutamakan bagi yang kondisinya berat dan tergantung pada bantuan orang lain sebanyak 40 orang.

Baca Juga : Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi

Irwandi berharap ban­tuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh penerima de­ngan sebaik-baiknya. Dan khusus bagi PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) pen­dam­ping, Irwandi menyampaikan atas nama pemko mengap­resiasi atas pengabdian yang telah mereka berikan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi, No­verdi mengungkapkan, prog­ram asistensi sosial meru­pakan program pemerintah yang difasilitas oleh PSM. Kegiatan tersebut mem­beri­kan jaminan sosial, guna membantu lansia terlantar dan penyandang disabilitas dalam bentuk uang tunai melalui pendampingan sosial, guna memenuhi sebagian kebutuhan dasar hidupnya. Total dana yang diberikan pada periode I  sebesar Rp­152 juta.

Baca Juga : Sejumlah Pejabat di Kabupaten Pesisir Selatan Batal Divaksin

Dana sebesar itu untuk Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sebanyak 92 pene­rima, 78 lansia dan 14 pe­nyandang disabilitas, Keca­matan Guguak Panjang 54 penerima, 39 lansia dan 15 penyandang disabilitas dan Kecamatan ABTB 44 penerima, 33 lansia dan 11 penyandang disabilitas. (h/rel/ril)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]