Komitmen Aparat Dharmasraya Diragukan

Pembabatan Hutan Harus Dihentikan


Jumat, 01 Juli 2016 - 06:09:40 WIB
Pembabatan Hutan Harus Dihentikan

DHARMASRAYA, HALUAN — Pembalakan liar di Kabupaten Dharmasraya harus segera di hentikan, komitmen Kepolisian dipertanyakan untuk pemberantasan tersebut.” Saya dari pimpinan daerah sangat komit dalam pemberantasan illegal loging atau pembalakan liar, apalagi yang di Siluluak atau Sungai Lansek Nagari Siguntur yang merupakan objek wisata sejarah,”kata Wabup H.Amrizal Dt.Rajo Medan, di tanya wartawan sehabis penyitaan barang bukti di lokasi penumpukan kayu log, Selasa (28/6) lalu.

Dikatakannya, komitmen pemerintah daerah harus diikuti juga komitmen pe­negak hukum, karena yang dapat menyentuh langsung atau melakukan penangkapan hanya penegak hukum atau Kepolisian.”Polisi harus ko­mit dalam pemberantasan illegal illegal di Dharmasraya ini,”imbuhnya.

Karena kata Ketua Partai Ha­nura Dharmasraya ini, ke­giatan illegal tersebut lebih ba­nyak mudaratnya daripada man­faatnya, yang akan me­ra­sa­kan keuntungannya ada­lah se­bahagian orang atau seke­lom­pok orang saja, se­dang­kan apabila terjadi ben­cana atau rusaknya in­fra­struktur, yang merasakan masyarakat se­tempat.”Yang kaya ya cu­kong kayu, tapi yang mende­ri­ta nantinya adalah masya­ra­kat se­tem­pat,”ulas Rajo Me­dan.

Ia minta semua stake­holder mendukung komit­men pemerintah dan Kepo­lisian dalam pemberantasan illegal loging ini.”Masyarakat laporkan saja apabila ada kegiatan pembalakan liar ini,”katanya.

Kapolres Dharmasraya AKBP.Lalu Muhammad Iwan Mahardan, yang ditanya tentang jumlah sawmill yang punya izin di Kabupaten Dharmasraya adalah lima unit.”Lima sawmill punya izin di Dharmasraya,”kata pria Lombok ini.

Komitmen yang ada pa­danya akan dibuktikannya dengan kinerja, karena se­lama ia bertugas di Tanah Mekar ini sudah empat ka­sus illegal loging yang ia tangani dan ia tidak akan menjawab dengan mulut. (h/mdi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]