779 Personil Diturunkan

Polisi Siapkan 9 Pospam Lebaran


Jumat, 01 Juli 2016 - 06:38:51 WIB
Polisi Siapkan 9 Pospam Lebaran SALAH satu Pos Pengamanan Operasi Ramadaniyah di Jalan Hamka. Posko tersebut didirkan untuk pengaman selama Lebaran dan akan beroperasi mulai tanggal 30 Juni hingga 15 juli 2016. Rabu (27/6). (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Polresta Padang siap amankan sembilan titik mudik Lebaran 1437 H dengan menggelar Operasi Ramadaniyah. Sebanyak 779 personil disiapkan untuk itu.

Kabag Ops Polresta Pa­dang Kompol Sumintak me­nga­takan, adapun sembilan titik pengamanan mudik Le­baran antara lain Pos penga­manan (Pospam) Lubuk Bu­aya dan Pospam Tabing.

Kemudian Pospam Bas­ko, Pospam Cimpago, Pos­pam Ranah, Pospam Bungus, Pos­pam Lubuk Begalung, Pospam Taratak Paneh, Ku­ranji dan Pospam Ladang Padi.

“Operasi ini akan dilak­sanakan selama 15 hari jelang dan setelah Lebaran,” ka­tanya.

Dikatakan, tujuan dari di­ben­tuknya kegiatan Operasi Ramadaniyah adalah guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jelang Lebaran dan selama libur Le­baran.

Selain itu, juga terkait de­ngan adanya rencana keda­tangan Presiden Republik (RI)  Indonesia Joko Widodo ke Kota Padang.

“Selain untuk menga­man­kan masyarakat dalam ber­mudik terhadap tindak keja­hatan yang dilakukan oleh pelaku-pelaku kejahatan, ope­rasi ini juga bertujuan untuk menciptakan kea­ma­nan selama RI 1  berkunjung ke Padang,” ungkapnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat me­lakukan mudik Lebaran, pe­tugas juga akan disebar diber­bagai lokasi keramaian warga, seperti terminal dan bandara untuk mencegah kerawanan aksi kriminalitas.

Bukan hanya itu saja, dalam mengantisipasi terjadi banjir dan longsor selama Lebaran Kapolresta Padang AKBP Chairul Azis me­nyampaikan kepada pihak BPBD Kota Pa­dang agar mensosialisasikan selter-selter yang ada di Pa­dang.

Hal itu dikarenakan sebe­lumnya jika terjadi gempa masyarakat lari dengan meng­gunakan kendaraan roda em­pat.

Dinas PU juga me­nyi­apkan alat berat di daerah-daerah yang rawan longsor.

Polresta Padang juga me­libatkan Satpol PP untuk me­lak­sanakan razia preman di objek wisata mulai  30 Juni.

Hal ini juga disampaikan kepada Dinas Kesehatan agar menyiapkan mobil am­bu­lance  standbye 24 jam dan petugas kesehatan di pos-pos pen­jagaan. (h/mg-ina)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]