Dukung Lalu Lintas di Sumbar

Jalur Peristis Kereta Api Dikebut


Jumat, 01 Juli 2016 - 06:48:00 WIB
Jalur Peristis Kereta Api Dikebut Ilustrasi.

PADANG, HALUAN— Guna mendukung kelancaran lalu lintas lebaran di Sumbar, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Su­matera Bagian Barat (BTPWSB), menye­diakan jalur perintis. Jalur tersebut melayani Padang hingga Kayutanam, Padang Pa­riaman.

“Sekarang kita sedang mengevaluasi rel yang dilewati jalur tersebut, karena ka­pasitas jalur perintis ini lebih berat dari rel yang sudah ada,”sebut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat, Makjen Sinaga, Kamis (30/6).

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Jalur itu akan melayani penumpang dari Kota Padang, Lubuk Alung, Sicincin hingga Kayutanam. Jalur itu menampung perjalanan sepanjang 23 kilometer. Dengan harga tiket disubsidi pemerintah. Sedangkan kereta reguler Padang-Pariaman 4 kali pergi pulang tetap beroperasi.

“Tiketnya paling mahal hanya Rp4.000, itu sudah disubsidi,”ujarnya.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Dikatakannya, selain menyediakan jalur perintis. Balai Teknik Perkeretaapian juga melakukan pembenahan sejumlah per­lintasan. Terutama perlintasan yang meng­ganggu jalan raya. Seperti perlintasan Pasar Usang, Padang Pariaman dan perlintasan Duku.

“Kita memang sedang melakukan per­baikan rutin, itu kebetulan bertepatan pada perlintasan, kita sudah koordinasi dengan pemerintaha daerah, dalam waktu dekat pengerjaan itu akan tuntas. Jalur lebaran akan lancar,”tambahnya.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Dikatakannya, untuk mendukung aktif­nya jalur kereta api di Sumbar, Balai Teknik Perkeretaapian akan mengaktifkan sejumlah jalur rel di Sumbar. Seperti mengaktifkan, jalur Padang Panjang, Kacang, Solok, Muaro Kalaban dan Muaro Sijunjung. Khusus pada 2016, pengaktifan rel untuk sepanjang 13 km di Muaro Kalaban.

Sementara di Kota Padang, juga akan dioperasikan railbus Padang-Bandara Inter­nasional Minangkabau. Untuk jalur dan stasiun sudah selesai, hanya saja lokomotif­nya harus diganti dengan model yang baru.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Selain mengaktifkan kembali rel yang ada di Sumbar, BTPWSB juga akan mem­bangun jalur baru untuk menghubungkan Sumbar dengan Riau. Penghubungan jalur itu, mulai dari Muaro -Kalaban, Muaro Sijunjung-Silungkang-Logas sepanjang 150 KM. Untuk pembangunan ini akan berlanjut sesuai dengan ketersediaan anggaran.

“Secara program kita, memang telah memiliki program jangka panjang di Sum­bar. Terutama untuk membuka jalur Trans Sumatera,”tegasnya. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]