Petani Tanam Ganja Ditangkap


Jumat, 01 Juli 2016 - 06:49:48 WIB
Petani Tanam Ganja Ditangkap TERSANGKA “JY” petani ganja saat di tangkap dan di giring kekebunnya oleh jajaran Satnarkoba Polres Padang Panjang.

PADANG PANJANG, HALUAN — Belasan tahun menanam ganja di kebun sendiri, akirnya seorang petani berinisial JY (47) ditangkap jajaran Satnarkoba Polres Padang Panjang di rumah kediamannya Nagari Aie Angek, Kecamatan X Koto, Tanah Datar, sekitar pukul 17.00 WIB. Selasa (28/6). Setelah dilakukan pengembangan kasus, Rabu sore kemarin Jajaran Satnarkoba Polres Padang Panjang, berhasil menemukan lagi barang bukti 5 batang ganja dari kebun tersangka.

Terungkapnya kasus tersebut, berawal dari laporan warga setempat yang mulai merasa curiga dengan tumbuhan aneh di kebun tersangka. Tumbuhan itu, selalu saja mendapat perhatian dan perawatan selayaknya tanaman berharga. Warga yang mengetahui keberadaan tumbuhan aneh di kebun buncis milik tersangka itu menceritakan kejadian tersebut kepada informan kepolisian Polres Padang Panjang. Menindaklanjuti kejadian itu, jajaran Satnarkoba Polres setempat langsung melakukan penyelidikan hingga menemukan kebun ganja milik tersangka.

Kapolres Padang Panjang AKBP Heru Yulianto, melalui Kasat Narkoba AKP.Abdul Muis, saat di temui Haluan di Mako Polres Padang Panjang, Kamis (30/6) kemarin mengatakan, setelah memastikan keberadaan kebun ganja, pihaknya langsung melakukan penangkapan tersangka di rumahnya.  Saat ini Tersangka bersama barang bukti telah diamanan di Mako Polres Padang Panjang, untuk diproses lebih lanjut.

Tersangka dibawa ke kebun ganja yang berjarak 30 meter dari rumahnya. Awalnya tersangka tidak  mengakui bahwa kebun ganja itu miliknya, namun, setelah Satnarkoba menghadirkan saksi, barulah dia mengaku.

Apa salahnya saya menanam poton ganja, ini saya tanam untuk saya kosumsi sendiri dan tidak saya perjualbelikan. Tuhan menciptakan alam semesta ini untuk dinikmati oleh manusia, ujar JY kepada penyidik.

Setelah umur ganja delapan bulan barulah dipanen, lalu dijemur. Setelah kering baru  dikosumsi. Aktivitas tersangka melakukan penggarapan kebun ganja itu telah berjalan sejak tahun 2002 silam.  (h/mg-pis)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]