700 Napi Bebas Saat Idul Fitri


Jumat, 01 Juli 2016 - 06:59:37 WIB
700 Napi Bebas Saat Idul Fitri Ilustrasi.

JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 700 napi akan menghirup udara kebebasan saat Lebaran Idul Fitri 2016. Sementara itu, puluhan ribu lainnya akan mendapat pengurangan masa tahanannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Pas Kemkum HAM I Wayan K Dusak setelah ‘Safari Ramadan’ di sejumlah rutan dan lapas di Banten, Kamis (30/6).

Baca Juga : Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga

“Sudah ada (daftar yang mendapat remisi lebaran) dan masih sementara. Jadi kemungkinan ada tambahan lagi. Yang diusulkan remisi lebaran tahun ini sebanyak 63.170,” ujar Dusak di Rutan Serang-Banten.

Rincian yang mendapat RK (Remisi Khusus) 1 kata Dusak sebanyak 62.470 orang dengan catatan tidak langsung bebas. Hal itu dikarenakan setelah dikurangi remisi masih terdapat masa kurungan.

Baca Juga : Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19

“RK 2 sebanyak 700 orang dan dia langsung bebas saat lebaran,” sambung Dusak.

Wilayah terbanyak penerima remisi kata Dusak yaitu di Sumatera Utara sebanyak 6.765 dengan penghuni napi dan tahanan 23.972 orang. Disusul oleh Jawa Barat sebanyak 5.915 dengan total penghuni sebanyak 21.948 orang.

Baca Juga : Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI

“Ini yang sudah masuk belum yang susulan. Data bisa berubah karena masih usulan sementara. Final jumlah penerimanya saat hari Raya Idul Fitri,” kata Dusak.

Lebih lanjut, Dusak menegaskan bahwa jikalau napi melakukan pelanggaran sebelum hari raya maka diusulkan untuk dicabut usulan remisinya. Namun, ketika SK remisinya sudah turun, maka tahun depan tidak akan mendapat remisi dan napi akan lebih rugi karena pemberian remisinya itu lebih lama.

Baca Juga : Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi

“Pemberian RK tahun pertama narapidana yang sudah menjalani hukuman adalah sebanyak 15 hari. Tahun kedua yaitu 1 bulan, tahun ke 3 dan 4 sebanyak 1,5 bulan dan tahun ke 5-6 adalah sebanyak 2 bulan,” uraai Dusak.

Syarat mendapat remisi, narapidana haruslah menjalani hukuman yang sudah inkrah selama 6 bulan sebelum lebaran. Maka, jika sebelum tanggal 4 Desember 2015 putusan sudah inkrah maka dapat memperoleh remisi dan jika setelah tanggal 4 baru inkrah maka hal tersebut adalah susulan.

Untuk diketahui, jumlah penghuni lapas dan rutan se-Indonesia per Juni 2016 ini adalah sebanyak 198.104 orang. Rinciannya 131.529 orang merupakan narapidana dan 66.575 orang adalah tahanan. (h/dtc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:48:57 WIB

    Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga

    Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian buka-bukaan soal kondisi Jalan Tol Trans Sumatera. Ia mengatakan, PT Hutama Karya (Persero) atau HK yang mendapat penugasan untuk membangun tol tersebut mengalami de.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:21:18 WIB

    Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19

    Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksin COVID-19 dosis kedua, Rabu (27/1/2021) di halaman tengah Istana Negara, Jakarta. Pemberian vaksin tersebut kemudian diikuti dengan vaksinasi kepada sejumlah perwakilan dari ber.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:43:03 WIB

    Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI

    Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin  melantik Keanggotaan Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021) pagi..
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:08:17 WIB

    Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi

    Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua pada pagi hari ini Rabu (27/1) di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta. Berbeda saat penyuntikan tahap pertama, kali ini, Presiden hanya tampak menge.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:04:06 WIB

    Jenderal Listyo Sigit Berkomitmen Tampilkan Polri yang Tegas dan Humanis

    Jenderal Listyo Sigit Berkomitmen Tampilkan Polri yang Tegas dan Humanis Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan komitmennya untuk menampilkan potret institusi kepolisian sebagai penegak hukum yang tegas namun humanis. Hal tersebut disampaikannya sesaat setelah dilantik Presiden RI Jo.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]