Sido Muncul Gelar Mudik Gratis


Sabtu, 02 Juli 2016 - 01:44:34 WIB
Sido Muncul Gelar Mudik Gratis Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menerima penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan RI atas penyelenggraan mudik gratis.

JAKARTA, HALUAN — Bicara tentang ‘Mudik Gratis”, masyarakat pasti identik dengan Sido Muncul, pelopor Mudik Gratis sejak tahun 1991.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Jumat (1/7), Sido Muncul kembali me­nyelenggarakan Mudik Gratis yang ke-27 kali bagi pe­dagang jamu se-Jabodetabek yang memberangkatkan 16.­000 pemudik dengan meng­gunakan 270 bus ke tujuh kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Ban­jar­negara, Solo, Wonogiri, dan Jogjakarta.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Pasar Raya Padang Makin Pedas, Tembus Rp72.000 Per Kg

Sebanyak 186 bus, dib­e­rang­katkan dari area Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TM­II)Jakarta. Sisanya dibe­rangkatkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cile­gon, Serang, Cikampek, Bo­gor, dan Cibinong.

Di Jakarta, para pemudik dilepas oleh Menteri Ling­kungan Hidup dan Kehu­tanan RI Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Deputi bi­dang Pengembangan Pema­saran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuty, Asisten Deputi Gubernur bidang Transportasi, Sunari M. Si­naga, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Syamsul Bahri, Desy Sulistio, Generasi kedua pendiri SidoMuncul, Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk, Sofyan Hidayat, dan Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat.

Baca Juga : Dukung Pelaku UMKM, Dua Perusahaan Raksasa Ini Integrasikan Layanan Iklan Digital

Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk Sofyan Hidayat mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang mem­pelo­pori Mudik Gratis sejak ­tahun 1991, Sido Muncul telah memberangkatkan sebanyak 316.400 pemudik yang me­rupakan pedagang jamu dan keluarganya.

“Tahun ini, jumlah pe­serta Mudik Gratis Sido Muncul berkurang diban­dingkan tahun lalu. Hal ini dikarenakan ekonomi peda­gang jamu membaik, dan makin banyaknya perusahaan atau institusi yang menye­lenggarakan mudik gratis,” Irwan Hidayat menjelaskan.

Baca Juga : Dorong UMKM, Emersia Hotel Sajikan Makanan Hasil Tani di Buffet Sarapan Pagi

“Ide mudik gratis ini adalah dari adik saya Sofyan Hidayat yang sekarang men­jabat sebagai Direktur Utama. Selama tiga tahun dari tahun 1991-1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana dan tidak ada pejabat pe­merintah yang melepas para pemudik. Saat itu yang me­wakili direksi untuk melepas para pemudik, adalah Mar­keting Manager Kris Irawan. “Inikan acara bagus, kenapa tidak dikelola dan dipub­likasikan?” kenang Irwan.

Pada acara mudik gratis ke-27 ini, Sido Muncul meng­kampanyekan tentang perlu­nya menjaga lingkungan, untuk mendukung program Ke­menterian Lingkungan Hidup yang memberlakukan plastik berbayar pada tahun ini.

Baca Juga : Dear UMKM, Ayo Manfaatkan KUR untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

Irwan menambahkan, bahwa untuk menjaga ling­kungan supaya bisa berhasil dibutuhkan partisipasi masya­rakat, dan itu sama pen­tingnya dengan membangun perekonomian.

Selain memberikan edu­kasi pentingnya menjaga lingkungan kepada peserta mudik, pada mudik kali ini Sido Muncul juga mem­beri­kan kesempatan kepada selu­ruh peserta mudik untuk mendaftar operasi katarak di area keberangkatan. (h/atv)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]