Telkom Sumbar Kucurkan Rp55,1 M Dana Kemitraan


Sabtu, 02 Juli 2016 - 01:45:41 WIB
Telkom Sumbar Kucurkan Rp55,1 M Dana Kemitraan Telkom Sumbar memberikan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di sekitar kantor Telkom Padang Baru, Rabu (29/6).

PADANG, HALUAN — Sejak 2014 sampai 2016, Telkom Sumbar telah menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp55,1 miliar. Untuk triwulan II tahun ini, Telkom Sumbar telah menyalurkan dana kemitraan sebanyak Rp1,7 miliar untuk 65 mitra binaan. Sebanyak 56 mitra binaan itu berasal dari Padang, Pesisir Selatan, Pariaman, dan Mentawai. 

“Alhamdulillah. Sejak 2014, Telkom secara rutin dan konsisten menggelontorkan dana pemberdayaan UMKM setiap triwulan,” ujar General Manager Telkom Sumbar, Dar­mawi, Jumat (1/7).

Baca Juga : Wow! Punya PER Terkecil di LQ45, Seperti Apa Kinerja dan Kesehatan Keuangan SRIL?

Ia mengharapkan dana ter­sebut dapat mendongkrak per­tumbuhan ekonomi Sum­bar melalui pergerakan UM­KM­ yang berdampak pada se­ma­kin terbukanya la­pa­ngan kerja. 

Sesuai dengan Per­men BUMN No.08/2013 Tentang Program Kemitraan, kata Dar­mawi, maka BUMN yang ada wajib melaku­kannya.

Baca Juga : Sinkronisasi Program Pertanian, Genius Umar Kunjungi UPT Balai Benih Induk di Padang

Ia menjelaskan, dana ke­mitraan tersebut disebut juga pinjaman lunak karena bunga pinjaman sangat rendah, yak­ni 6 persen dengan jangka pinjaman selama 2 tahun. Jenis usaha yang dibiayai meliputi berbagai usaha, seperti in­dutri, perdagangan, peter­nakan, perikanan, dan jasa.

“Program kemitraan ini adalah dana bergulir. Ar­tinya, hasil pengembalian dana ini akan digulirkan lagi bagi UKM lain yang mem­bu­tuh­kan. Oleh karena itu, para mitra diha­rapkan serius me­ngem­bang­kan usahanya dan rutin mem­bayar cicilan,” tuturnya.

Baca Juga : Merger Gojek-Tokopedia, Driver Yakin Orderan Makin Gacor

Sebelumnya, kata Dar­mawi, Telkom Sumbar juga telah menggelar bazar murah dengan membagikan 1.000 paket di Dharmasraya pada 24 Juni 2016, yang dilanjutkan dengan penyerahan dana ber­gulir UMKM di Padang pada 28 Juni 2016 di Aula Kantor Walikota Padang yang dise­rah­kan Walikota Padang Mah­yeldi. Kemudian, pada Rabu 29 Juni 2016, Telkom Sumbar memberikan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di sekitar kantor Telkom Padang Baru dan pensiunan Telkom.

“Kegiatan seperti ini ru­tin dilakukan setiap tahun men­jelang Lebaran sebagai rasa tanggung jawab sosial Telkom sebagai bagian dari program CSR kami,” tam­bahnya. (h/ita)

Baca Juga : Nasabah Bank Nagari Cabang Utama Raih Sepeda Motor N-Max pada Penarikan Undian Gebyar KCU/Pembiayaan Akhir Tahun 2020

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]