Rayakan Lebaran dengan Sederhana


Sabtu, 02 Juli 2016 - 01:49:57 WIB
Rayakan Lebaran dengan Sederhana

Alhamdulillah, Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah di negeri kita akan ber­langsung serentak pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2016. Muhammadiyah sebagai salah satu Ormas Islam terbesar jauh hari sudah menetapkan 1 Syawal jatuh pada tanggal 6 Juli atau sama dengan kalender.

Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam. Artinya, menang berperang melawan hawa nafsu setelah selama satu bulan berpuasa. Ibarat seorang atlet yang mau bertanding, dampak dari latihan selama satu bulan harus dibuktikan dalam pertan­dingan sesungguhnya selama 11 bulan kemudian.

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Kita bisa menahan haus dan lapar serta nafsu lainnya yang bisa membatalkan puasa selama bulan Ramadan. Pada hari-hari biasa hendaknya kita juga mengamalkan apa yang telah dilakukan selama bulan Ramadan itu. Bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Hari kemenangan yang kita tunggu hanya tinggal empat hari lagi. Merayakan keme­nangan setelah satu bulan berpuasa tidaklah sama dengan merayakan kemenangan bagi seseorang atau sebuah tim yang keluar sebagai juara yang meluapkan kegembiraan dengan pesta pora.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

Terlepas dari situasi ekonomi yang sulit sekarang ini, merayakan lebaran bukanlah dengan pesta pora. Tak harus berbaju baru, tak harus beli ini dan beli itu, tak harus bepergian ke sana ke mari. Tapi bagi yang sanggup tentu tak ada salahnya. Silakan saja.

Kita perlu mengatur keuangan keluarga sebaik mungkin hingga tidak menjadikan lebaran untuk beli ini dan itu. Apalagi lebaran tahun ini berdekatan waktunya dengan masa masuk sekolah.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

Ada di antara kita yang anaknya masuk TK, SD, SMA dan Perguruan Tinggi. Semua­nya jelas membutuhkan biaya yang besar. Apalagi bagi keluarga yang anaknya lebih dari satu orang yang melanjutkan pendi­dikan, tentunya cukup berat. Belum lagi untuk kebutuhan hari-hari lainnya.

Untuk itu hadapilah lebaran dengan penuh kesederhanaan. Sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Sederhana bukan berarti tak membeli baju baru, tapi menjuhkan diri dari hal-hal yang bersifat mubazir dan berlebihan.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

Islam mengajarkan kita agar hidup sederhana. Dengan hidup sederhana, kita selalu akan merasa cukup, bahagia, dan bersyukur kepada Allah. Sebaliknya Allah melarang kita untuk hidup mewah dan boros.

Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (Al Israa’:26-27)

Kesederhanaan juga membuat kita akan jauh dari praktik korupsi yang kini marah terjadi dalam berbagai level masyarakat. Kesederhanaan juga akan mendorong kita untuk berlaku jujur dan berjiwa sosial.

Hidup sederhana, tidak mewah dan tidak  glamour, tidak saja mengingat pada saat ini bangsa kita sedang kesulitan, tapi hakikat hidup sederhana merupakan cara dan gaya hidup para nabi dan hamba  Allah yang salih. 

Mari kita rayakan Idul Fitri 1437 Hijriah dengan penuh kesederhanaan. Tapi dengan rasa gembira dan bahagia. ***

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
  • Senin, 28 Desember 2020 - 14:48:33 WIB

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu DARI pengalaman kita selama di tahun 2020 yang nyaris tak berhenti hidup dalam pertengkaran, hidup dalam perseteruan politik dan hukum yang berkepanjangan, sudah selayaknyalah kita mengubah pola hidup begini kepada pola hidup.
  • Ahad, 27 Desember 2020 - 21:15:22 WIB

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan Begitu wabah Corona atau Covid-19 dinyatakan mewabah di Indonesia pada bulan Maret lalu, ekonomi langsung anjlok, karena kegiatan pasar langsung stagnan tiba-tiba. Pasar banyak yang ditutup. Mulai dari kegiatan pedagang kaki .
  • Jumat, 25 Desember 2020 - 13:51:03 WIB

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis Sebagaimana kita ketahui, mantan Calon Wakil Presiden(Cawapres) Sandiaga Uno baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bersama 5 orang Menteri lainnya, hasil reshuffl.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]