Pemerintah Nagari Pematang Panjang Santuni Ratusan Anak Yatim dan Fakir Miskin


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:04:50 WIB
Pemerintah Nagari Pematang Panjang Santuni Ratusan Anak Yatim dan Fakir Miskin WALI Nagari Pematang Panjang, April Marsal menyerahkan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin di nagari setempat. (AZNELDI)

SIJUNJUNG, HALUAN — Sepekan menjelang lebaran 1437 H, Pemerintah Nagari Pematang Panjang bersama Badan Amil Zakat ( BAZ) setempat menyalurkan zakat maal dan fitrah senilai Rp129.030.000,- kepada 384 anak yatim dan fakir miskin di nagari tersebut.

“Penyaluran zakat tersebut dilakukan secara bertahap sejak sepekan terakhir di ruang per­temuan kantor wali nagari se­tempat,” kata Wali Nagari Pe­ma­tang Panjang, April Marsal kepada Haluan di ruang kerjanya, Jumat (17).

Baca Juga : Jenazah Angga Korban Sriwijaya Air Sampai di Rumah Duka, Dimakamkan di Pandam Pekuburan Keluarga

Menurut April Marsal, ratusan anak yatim dan fakir miskin penerima zakat tersebut adalah warga Nagari Pematang Panjang yang berasal dari 11 jorong. Rinciannya, sebut wali nagari, 135 anak yatim dan 249 fakir miskin.

 Sementara besaran santunan yang diberikan bervariari.” Untuk anak yatim sebesar Rp550 ribu perorang dan fakir miskin Rp220 ribu perorang,” jelas April Marsal.  

Baca Juga : Tunjang Pariwisata, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Pariaman Anggarkan Pengembangan Agro Eduwisata

Kata Wali Nagari, penentuan anak yatim dan fakir miskin penerima zakat tersebut dilakukan masing-masing Kepala Jorong dengan melibatkan unsur lain yang ada di Nagari Pematang Panjang. Hal tersebut dilakukan agar pe­nyaluran zakat yang dihimpun BAZ Nagari Pematang Panjang tepat sasaran.Selain tepat sasaran, pendistribusian zakat, baik zakat maal maupun zakat fitrah, sesuai dengan aturan dalam Islam.

Tak hanya memberikan san­tunan, Pemerintah Nagari bersama BAZ Nagari Pematang Panjang juga memberikan reward kepada anak yatim piatu yang meraih juara I di sekolah. Reward dib­e­rikan juga dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu per­orang.” Kita juga memberikan reward kepada yatim piatu peraih juara I di kelas.Tahun ajaran baru ini ada enam anak peraih juara I yang kita beri penghargaan,” tutur April Marsal yang juga Penghulu Suku Caniago di Nagari Pematang Panjang.

Baca Juga : Persiapkan Kampung Tangguh Nusantara, Masyarakat Nagari Persiapan Pujorahayu Pasaman Barat Laksanakan Goro

Dia berharap, zakat, infaq dan sadaqah yang diterima masing-masing penerima dapat diman­faat­kan sebaik mungkin untuk keper­luan keluarga di hari lebaran nanti.”Manfaatkanlah santunan ini untuk kebutuhan keluarga pada lebaran nanti,” harapnya.

Disisi lain, April Marsal me­nyampaikan apresiasi yang tinggi kepada muzaki yang telah mem­berikan kepercayaan kepada BAZ Nagari Pemetang Panjang da­lam pendistribusian zakat kepada mustahik.

Baca Juga : Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat yang telah mampu dan memiliki kewajiban untuk mem­bayar zakat agar dapat me­nya­lurkan zakat mereka melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Nagari Pematang Panjang. “ Bagi yang belum, silahkan menyalurkan zakatnya, baik zakat maal dan fitrah ke BAZ Nagari Pematang Panjang,” ucapnya.(h/azn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]