Yafamsil Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:05:36 WIB
Yafamsil Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin YAFAMSIL menyerahkan santunan bagi 137 anak yatim dan 90 fakir miskin yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Silungkang, Kamis (30/6). (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN  — Sebanyak 137 anak yatim dan 90 fakir miskin dari tiga Desa di Kecamatan Silungkang Sawahlunto mendapat santunan dari Yayasan Pe­nyantun Anak Yatim dan Fakir Miskin (Yafamsil) Silungkang, Kamis (30/6).

137 anak yatim itu masing-masing menerima uang sebesar Rp350.000,- dan 90 fakir miskin masing-masing menerima santunan sebesar Rp200.000, ditambah dengan paket kain sarung dan nasi kotak serta menu berbuka puasa.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur Sumbar Pamitan dan Minta Maaf

“Yanfamsil sengaja menyerahkan san­tunan jelang lebaran Idul fitri, dengan harapan anak yatim dan fakir miskin yang ada bisa ikut bergembira merayakan hari raya idul fitri tahun ini,” kata Wakil Ketua Yafamsil Silungkang Aswan Basri Kepada Haluan.

Didampingi bendahara Yafamsil Dur­mawel, ia tambahkan, untuk data anak yatim dan fakir miskin tersebut pihaknya meng­gandeng pemerintahan desa yang ada di kecamatan Silungkang, sedangkan dana santunan didapat dari sumbangan para perantau yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Adapun total dana yang disa­lurkan kali ini sebanyak Rp129.169.000, di mana untuk santunan anak yatim se­banyak Rp48.425.000, fakir miskin Rp36.050.000, dan biaya nasi kotak ditam­bah pabukoan sebesar Rp3.340.000.

Baca Juga : Tunjang Pariwisata, Diskominfo Pariaman Bentuk Taman Bunga di Pantai Kata

“Selain santunan rutin setiap tahun jelang lebaran, pihak Yafamsil juga mem­berikan bantuan secara maraton setiap ada sumbangan dari muzaki (penerima zakat), bisa dalam bentuk beasiswa maupun bedah usaha,” ungkapnya. Yafamsil sendiri, lanjutnya, terbentuk atas pemikiran para pemuka masyarakat Sikungkang yang prihatin akan kejadian bencana alam yang pernah melanda daerah tersebut, sekaligus memanfaatkan potensi perantau untuk ikut berpartisipasi membantu warga di kam­pung yang secara ekonomi berkekurangan seperti anak yatim dan fakir miskin. (h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]