Mudik Lebaran, Waspadai Kepadatan Jalur Pariaman


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:09:27 WIB
Mudik Lebaran, Waspadai Kepadatan Jalur Pariaman Kapolres Pariaman, AKBP Ricko Junaldy, SIK, sedang memeriksa pasukan pada Apel Ramadan dan Hari Raya (Ramadniya) 2016 yang digelar di halaman Polres Pariaman. (FITRA YANDI)

PARIAMAN, HALUAN  — Sebagai salah satu jalur terpadat yang dilewati para pemudik, Anggota Kepolisian Resor (Polres) Pariaman diminta meningkatkan kinerja pengamanan dan penertiban. Selain itu masyarakat dan pemudik diimbau meningkatkan kehati-hatian.

Hal itu disampaikan Ka­pol­res Pariaman, AKBP Ric­ko Junaldy, SIK saat me­mim­pin apel gelar pasukan Ra­ma­dan dan Hari Raya (Ra­ma­d­niya) 2016, di Halaman Pol­res Pariaman, Kamis (30/06).

Upacara yang diikuti oleh anggota Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Ang­gota Dishubkominfo, Tim BPBD Kota Pariaman, dan anggota Satpol-PP Pariaman tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Genius Umar, Kas­dim 0308 Pariaman P. Sim­bolon, Kepala Dishub­ko­minfo Yota Balad, Kepala Pelaksana BPBD Pariaman Yaminurizal, dan Kasatpol-PP Pariaman Handrizal Fitri.

“Jumlah pemudik se-Indonesia mencapai 8 juta jiwa. Mobil 2,4 juta dan kendaraan roda dua 5,6 juta. Puncaknya akan terjadi pada H-4 dan H+3 lebaran Idul Fitri. Berdasarkan data ope­rasi Ketupat 2015, jumlah kecelakaan lalu lintas (La­ka­lantas) sebanyak 3.048. Jum­lah korban meninggal se­banyak 646 jiwa, luka berat 1.057 jiwa dan luka ringan 3.891 jiwa. Kota Pariaman adalah salah satu jalur ter­padat yang dilewati pe­mu­dik,” jelas Ricko Junaldy.

Perlu peran aktif untuk keamanan bersama terkait potensi kerawanan maupun kamtibmas, sambung Ka­pol­res, seperti pencurian ken­daraan bermotor, tawuran, miras, petasan, bencana alam, dan kebakaran. Makanya dalam operasi ini Polisi dan instansi terkait harus sinergis.

Genius Umar, Wakil W­a­li­kota Pariaman, yang hadir dalam apel ini me­ngung­kap­kan, mudik merupakan tra­disi masyarakat Indonesia. Tradisi ini akan men­ye­bab­kan mobilisasi masyarakat besar-besaran. Untuk itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk melakukan upaya pen­cegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, di­tam­bah lagi perkiraan me­ning­katnya jumlah wisatawan ke Kota Pariaman yang meru­pa­kan destinasi wisata yang dikelola Pemkot Pariaman yang sangat memerlukan sinerginya semua personil gabungan di Kota Pariaman.

Kadishubkominfo Kota Pariaman, Yota Balad diakhir apel juga mengingatkan agar pengendara berhati-hati se­tiap melewati perlintasan kereta api dan meningkatkan kewaspadaan pada jadwal pemberangkatan kereta api.

“Jangan sampai kaca pin­tu mobil tertutup rapat dan ber­main ponsel yang me­ng­ganggu konsentrasi penge­mudi, serta tidak meng­hidup­kan musik dengan volume keras agar tidak menganggu pen­denga­ran,” singkat Yota Balad. (h/mg-fyt)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]