RPHM Sumbar Kembali Beroperasi


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:26:33 WIB
RPHM Sumbar Kembali Beroperasi

PAYAKUMBUH, HALUAN — Rumah Potong Hewan Modern (RPHM), milik UPTD Peternakan Provinsi Sumatera Barat, yang berlokasi di Kelurahan Ko­topanjang Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, akhirnya akan beroperasi juga dalam Juli 2016, walau sudah lama ditunggu masyarakat.

Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno bersama Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, akan me-lounching beroperasinya RPHM dimaksud,  Sabtu (2/7), siang ini. Meski terlambat, kita mesti bersyukur dan mengapresiasi Pemprov Sumbar yang terus berjuang, mempercepat proses beroperasinya RPHM dimaksud.

Baca Juga : 48 Unit Motor Pebalap Liar Diamankan Polres Pasbar

“Alhamdulillah, bapak gubernur Sumbar Irwan Prayitno sudah memastikan akan datang ke Paya­kumbuh besok (Sabtu ini, red), untuk melakukan lounching operasional RPHM dimaksud,” ucap Walikota Riza Falepi, Jumat (1/7) kemarin.

Dikatakan, pembangunan RPHM itu sudah diran­cang pemko jauh hari, sejak 2008 lalu, yang merupakan kerjasama Pemrov Sumatera Barat, Kementerian Pertanian, LIPI dengan Pemerintahan Spanyol. Pembangunannya diawali dengan membangun fisik bangunan, dan kemudian disusul dengan pengadaan mesin potong hewannya.

Baca Juga : Kondisi Dua Gazebo di Pantai Kata Kota Pariaman Memprihatinkan

Karena mesin potong hewan merupakan bantuan Spa­nyol, teknisi yang ada di Sumatera Barat, harus mempelajari lagi untuk melakukan operasionalnya. Sehingga, me­merlukan beberapa perbaikan untuk meletakkan peralatan dimaksud, jelas Kepala UPTD RPHM, Eldakavi.

Peresmian RPHM di Payakumbuh itu nanti, rencananya juga akan dihadiri Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam, anggota Forkopimda Sumatera Barat dan kota Payakumbuh, serta bupati dan walikota se-Sumatera Barat. (h/zkf)

Baca Juga : DPD PAN Pasaman Barat Gelar Musda Secara Virtual

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]