Joni Saputra Juara Pelapor Ketahanan Pangan Sumbar 2016


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:26:55 WIB
Joni Saputra Juara Pelapor Ketahanan Pangan Sumbar 2016

PAYAKUMBUH, HALUAN — Ketua Keltan  Tanjung Subur di Nagari Aur Kuning,  Kecamatan Paya­kumbuh Selatan, tampil seba­gai juara pertama dalam pemilihan Pelopor Ketahanan Pangan Sumatera Barat 20­16. Pemilik perusahaan cok­lat Cocato Payakumbuh ini, berhak mewakili provinsi Tuah Sakato ke lomba yang sama di tingkat nasional.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi didampingi Ke­pala Kantor Ketahanan Pa­ngan Payakumbuh, Antoni Jaya, di Balaikota Payakum­buh, Jumat (1/7), mengung­kapkan, prestasi yang diukir Joni Saputra itu, jauh hari sudah diperkirakan banyak pihak. Yang bersangkutan, selama ini cukup gigih mem­bina kelompok tani, terutama komunitas tanaman kakao.

Baca Juga : Suami-Istri di Bukittinggi Perkosa Gadis, LKAAM Sumbar: Sungguh Memalukan!

Tak heran, jika Joni masih dipercaya sebagai Ketua KTNA (Kelompok Tani Ne­layan An­dalan) Kota Paya­kumbuh, sejak satu lima tahun lalu hingga sekarang. Sebagai sosok yang gigih dalam mengolah kakao men­ja­di coklat, Joni Saputra, tahun 2013, juga dikirim Pem­prov Sumatera Barat  mening­katkan kemam­puan­nya dalam prosesing coklat ke Kota Paris,  Perancis.

Informasi yang dihimpun Haluan, petani kakou di Kelurahan Kapalokoto Am­pangan di Nagari Aur Ku­ning, mengelola sebuah pab­rik coklat mini bantuan Ke­men­terian Pertanian pada 2011. Produksinya masih terbatas, puluhan kilogram per hari. Ia juga mengem­bangkan objek wisata, para wisatawan yang datang disu­guhi kebun kakao yang asri dengan beragam jenis kakao.

Baca Juga : Yulianto Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Pasangan Hamsuardi-Risnawanto Sebagai Kepala Daerah Pasbar yang Baru

Selain itu juga terdapat pemandangan sawah yang membentang luas dengan dilatarbelakangan gunung Sago yang begitu asri. Se­hingga diharapkan nanti sebagai objek wisata poten­sial untuk dikembangkan Pemko Payakumbuh, Lagi­pula sudah terdapat objek wisata alam Ampangan, ujar Joni Saputra, Ketua KTNA Payakumbuh itu.

Sesuai jadwal, pemilihan Pelopor Ketahanan Pangan Tingkat Nasional, akan dila­kukan awal Agustus 2016. Tim penilai pusat akan mela­kukan verifikasi ke Paya­kumbuh, guna meninjau lang­sung ke lapangan, sejauh mana peran Joni dalam me­ning­katkan produksi tana­man pangan di Payakumbuh. “Jika Joni sukses merebut juara, kemungkinan Joni akan hadir di Istana Negara Jakarta, guna menghadiri peringatan HUT RI k-71 tingkat nasional. 17 Agus­tus mendatang. (h/zkf)

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar, Dharmasraya Jadi Daerah dengan Penularan Terendah

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]