Usai Pelatihan Keterampilan, Pemuda Manggilang Dibantu Modal Usaha


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:28:51 WIB
Usai Pelatihan Keterampilan, Pemuda Manggilang Dibantu Modal Usaha Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, menyerahkan bantuan modal usaha kepada para peserta kelompok pelatihan teknik tenaga kerja di Nagari Mangilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — kelom­pok Pemuda Mang­gilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru usai pelatihan kete­rampilan teknik berbasis kompetensi, diharapkan mampu menekan angka pengangguran di nagari. Sebab peserta pelatihan itu mem­peroleh bantuan modal usaha utama­nya bagi kelompok usaha anak nagari. 

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, yang dihubungi di Sarilamak, Jum­at (1/7) kemarin menuturkan, pelatihan keterampilan ter­sebut bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh dan Kota Pa­dang. Kamis lalu, sebanyak 16 orang pemuda Mang­gilang, diberi bantuan modal untuk membuka lapangan kerja baru di nagari setem­pat. 

Baca Juga : BMKG Ingatkan Hujan Lebat Disertai Petir di Enam Wilayah Sumbar Ini

Dikatakannya, bantuan modal usaha senilai Rp3 juta itu, sudah diserahkan kepada kelompok usaha yang baru saja dibentuk oleh anak na­gari Manggilang, begitu me­reka selesai mengikuti se­rangkaian pelatihan tekhnik yang diberikan BLK. Pela­tihan teknik berbasis kom­petensi itu diantaranya, pela­tihan menjahit, otomotif dan las. 

Modal usaha itu, dibe­rikan seiring ditutupnya pela­tihan tekhnik las dan otomotif yang diikuti sekitar 16 pe­muda Manggilang sejak be­berapa bulan lalu. Selain Ferizal, hadir dalam penu­tupan Kamis itu Kepala BLK Padang, Zamhir, Kepala BLK Payakumbuh Daswing, serta Camat Pang­kalan Koto Baru, Andri Yas­men. PJ Walinagari serta Wa­linagari Manggilang terpilih, Ketua Bamus serta puluhan orangtua para pe­serta.

Baca Juga : Jatah Pupuk Bersubsidi di Sumbar Berkurang Tahun 2021

“Apabila program ini berjalan dengan baik, diha­rapkan ke depannya kita akan memulai program wira usaha pemula mandiri yang ada dibawah Kementrian Pemuda dan Olahraga RI. Saya sudah mendapat kabar, ada ang­garan dana bantuan Rp20-30 juta perkelompok usaha. Ini nanti akan saya upayakan, dengan harapan mampu me­ngu­rai sebanyak 7.236 angka pengangguran di Limapuluh Kota tahun ini,” tuturnya.

Ferizal mengaku sangat berterima kasih kepada BLK Padang dan Payakumbuh, karena sudah memberi per­hatian terhadap generasi muda daerah ini. Program-program seperti ini, katanya, perlu menjadi perhatian se­mua unsur guna mengurangi angka pengangguran dan angka kejahatan, jelasnya.

Baca Juga : Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Mengancam Sumbar

Kepala BLK Padang, Zam­­hir, secara terpisah me­nyebut, para generasi muda sudah sepantasnya mem­peroleh perhatian dan diarah­kan oleh pemerintah supaya tidak terjebak dengan dunia luar. BLK, katanya, meru­pakan lembaga yang ber­naung di bawah Kementerian Tenaga Kerja. “Ada tiga target pencapaian di BLK terhadap program yang sudah berjalan ini, yakni, para peserta bisa memperoleh pelatihan berbasis kom­peten­si, menjaga dan mening­katkan daya saing, serta dapat terserap di pasar kerja,” ulasnya. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]