IMM Pariaman Siapkan Generasi Qurani Anti Korupsi


Sabtu, 02 Juli 2016 - 02:51:31 WIB
IMM Pariaman Siapkan Generasi Qurani Anti Korupsi

PARIAMAN, HALUAN — Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Pariaman menye­leng­ga­rakan Lomba Tahfidz Quran dan Orasi Anti Korupsi antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kota Pariaman dan Kab. Padang Pariaman di Mushalla Taqwa Kampung Paneh, Desa Bu­ngo Tanjung, Pariaman Timur, Kota Pariaman pada tanggal 29 dan 30 Juni 2016.

 Ketua IMM Cabang Pariaman, Rakhis Rizal, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan mengingat kekhawatiran akan ke­lang­kaan kader tahfizhul quran. Sementara lomba orasi bertema anti korupsi merupakan upaya untuk menumbuhkan jiwa anti korupsi pada generasi muda. Gerakan ber­jamaah lawan korupsi sendiri me­rupakan program yang digagas pemuda muhammadiyah sejak satu tahun yang lalu dengan mendirikan madrasah anti korupsi di Kota Pariaman.

 “Dalam kegiatan ini diikuti 65 peserta untuk lomba tahfiul quran, dari tingkat taman kanak kanak (TK) hingga SMA. Yaitu 16 peserta tingkat TK, 19 peserta tingkat SD, 21 peserta tingkat SP, dan 9 peserta tingkat SMA. Sedang lomba orasi anti korupsi hanya untk tingkat mahasiswa yang diikuti enam pe­serta,” jelas Rakhis Rizal saat penutupan kegiatan, Kamis (30/6).

 Sekretaris Pimpinan Daerah Mu­hammadiyah (PDM) Kota Pa­riaman, Abrar Aziz, dalam sam­bu­tannya mengungkapkan bahwa dua tema tersebut sangat relevan untuk dike­mukakan saat ini. Pertama, organisasi Islam seperti Muham­madiyah, ber­sama ormas lainnya harus menjawab persoalan kelang­kaan kader tahfizhul quran di pariaman.

 Kedua, sambung, Abrar, tema anti korupsi dirasa kurang diminati kalangan menengah kebawah karena isu korupsi masih dianggap isu elitis. Padahal yang paling dirugikan oleh perilaku korupsi adalah masyarakat bawah. Maka isu korupsi harus lebih banyak diperbincangkan oleh ma­syarakat.

“Muhammadiyah, melalui Ma­drasah Anti Korupsi yang telah berjalan satu angkatan di Kota Pariaman, terus mendorong agar isu korupsi menjadi diskursus anak-anak muda agar gerakan anti korupsi berjalan lebih masif,” jelas Abrar.

Dari pengumumam yang disam­paikan panitia di akhir acara, juara Tahfidz tingkat TK diraih oleh Faiz Almustaqim Akbar dari TK Batang Kabung, tingkat SD diraih Fauzan Hayat dari SD 10 Palak Aneh. Untuk tingkat SMP, juara diraih Musfira Handayani dari MTs Tha­walib Padusunan, dan tingkat SMA didapat oleh Ahmad Yunadi dari SMA 1 Pariaman. Sedangkan juara lomba orasi diraih oleh Rah­mad Supriadi dari Desa Bato yang tercatat sebagai mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang. (h/mg-fyt)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]