Selama Mudik Lebaran 2016, Berobat ke RS Tak Perlu Rujukan BPJS


Sabtu, 02 Juli 2016 - 03:11:06 WIB
Selama Mudik Lebaran 2016, Berobat ke RS Tak Perlu Rujukan BPJS

PADANG, HALUAN — Selama mudik Lebaran 2016, peserta aktif BPJS Kesehatan bisa langsung berobat ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tanpa harus membawa rujukan. Aturan ini berlaku di seluruh Indonesia.

Rumah sakit yang be­kerjasana dengan BPJS me­nga­mininya. Mereka komit menerima pasien BPJS tanpa rujukan selama mudik Le­baran. Jika tak tersedia ka­mar perawatan, maka rumah sakit akan berkoordinasi de­ngan rekan rumah sakit lain­nya untuk perawatan pasien.

“Kentuan ini mulai ber­laku terhitung H-7 sampai H+7. Masyarakat bisa lang­sung berobat ke IGD rumah sakit yang bekerjasama de­ngan BPJS tanpa memakai rujukan,” kata Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kese­hatan Cabang Padang, Sai­ban Sidauruk dalam ketera­ngan persnya, Rabu (29/6) di Padang.

Namun, ketika mudik atau pulang kampung peser­ta BPJS Kesehatan harus memastikan selalu membawa kartu peserta dan memas­tikan kartu tersebut aktif. Artinya, iuran BPJS jangan sampai menunggak agar peserta dapat langsung bero­bat tanpa ada kendala. 

“Sistem ini untuk memu­dah­kan semua peserta BPJS Ke­sehatan saat mudik. Pe­ser­­ta bisa berobat baik untuk ka­sus emergency maupun non emer­gency ke fasilitas ke­sehatan yang bekerjasama de­ngan kami,” terang Sai­ban.

Dengan sistem berobat tanpa rujukan ini, maka setiap rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS ti­dak dibenarkan menolak pa­sien, juga tidak boleh me­minta bayaran dari peserta.

“Jika ada penolakan, maka akan ada sanksi se­suai aturan berlaku. Jadi pasien BPJS Ke­sehatan ti­dak perlu ragu lagi bero­bat ke rumah sakit, saat flu, demam, batuk atau pe­nyakit lain yang dihari bia­sa ditangani di klinik atau puskesmas,” terang dia. 

Perwakilan dari rumah sakit yang beker­jasama de­ngan BPJS Kesehatan yang hadir saat itu, me­nyang­gupi hal tersebut. Seperti di­sampaikan per­wakilan RS Reksodiwiryo Pa­dang, Dr. Frans Otto. “Obat-oba­tan, tenaga medis sudah kami siapkan. Ini kami lakukan setiap menyambut hari besar,” ujar­nya. 

Direktur RS Ibnu Sina Padang Erlina Ningsih membenarkan. Untuk me­­­la­yani pasien selama Le­baran, pihaknya me­nam­­bah tenaga medis di UGD. Karena sepeti tahun lalu, tingkat ku­njungan ke ru­mah sakit selama Leba­ran me­ningkat dua kali lipat. “Kami siap melayani peserta BPJS. Kami tidak pernah membedakan pa­sien BPJS atau tidak,” ka­tanya. (h/rvo)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]