Arus Mudik

Kendaraan di Pasaman Barat Mulai Padat


Ahad, 03 Juli 2016 - 15:46:57 WIB
Kendaraan di Pasaman Barat Mulai Padat Ilustasi kemacetan

PASBAR,HALUAN--Memasuki H-4 Lebaran, arus mudik di Kabupaten Pasaman Barat masih normal, namun terlihat sedikit peningkatan volume kendaraan.

"Memang dibandingkan Idul Adha berbeda dengan Idul Fitri. Masyarakat kebanyakan mudik saat Idul Fitri sedangkan pada Idul Adha biasa-biasa saja," kata salah seorang warga Kajai, Pendra (27) tahun, Minggu (4/7).

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Dia mengatakan selama perayaan Idul Fitri lalu jalur Simpang Ampek dan Kinali terus ke Manggopoh menjadi jalur alternatif bagi para pemudik yang ingin ke Kota Padang atau daerah lainnya.

"Para pemudik lebih memilih jalur Manggopoh karena jika menempuh jalur Bukittinggi dan Padang Panjang maka akan terjebek macet total," katanya.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Salah seorang pengendara sepeda motor, Anton (32) mengatakan arus kendaraan di Pasaman Barat mengalami peningkatan. Hal itu kemungkinan karena masa libur pekerja cukup Panjang sehingga perantau bisa pulang ke kampung masing-masing.

"Kebetulan Idul Fitri jatuh pada Rabu (6/7) sehingga libur menjadi panjang karena Senin (11/7) masuk kerja," katanya.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu-Lintas Polisi Resor (Polres) Pasaman Barat, AKP Joni Darmawan mengatakan folume kendaraan peningkatan namun tidak terjadi kemacetan yang berati, tuturnya.

Dia mengimbau para pengendara baik kendaraan roda dua dan empat agar mewaspadai sejumlah lokasi rawan kecelakaan, mulai Kecamatan Kinali, Simpang Empat, Ujung Gading dan Aia Bangih. Sebab, jalur itu merupakan daerah rawan kecelakaan,karna dijalan tersebut banyak yang memiliki tikungan tajam dan sepanjang jalan raya itu juga banyak tronton pembawa kelapa sawit melintas.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Dia menjelaskan khusus daerah jalan Talu sampai Simpang Empat jaraknya mencapai 17 kilometer. Jalan itu, masih sempit dengan badan jalan yang tinggi dari permukaan dan banyak yang bergelombang.

"Kami mengimbau agar warga selalu meningkatkan kewaspadaan dalam berkendaraan, patuhi peraturan lalu lintas dan pakai pengaman kendaraan serta cek kendaraan anda sebelum berangkat mudik" imbaunya. (Iden)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]