Mak Itam Siap Beroperasi Selama Idul Fitri 1437 H


Selasa, 05 Juli 2016 - 13:46:58 WIB
Mak Itam Siap Beroperasi Selama Idul Fitri 1437 H MAK ITAM SEMBUH -- Teknisi kereta api tengah melakukan pengecekan sebelum dioperasikanya kembali Mak Itam selama libur lebaran Idul Fitri 1437 H. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN – Selama libur lebaran Idul fitri 1437 Hijriah (H), para wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto dapat menikmati sensasi naik Kereta Api Uap Mak Itam. Pasalnya ikon wisata Sawahlunto itu telah bisa beroperasi kembali pasca rusak sejak tiga tahun lalu.

Kabar gembira itu disambut baik oleh masyarakat termasuk wisatawan, yang telah rindu mendengar bunyi pluit khas Mak Itam serta berpetualang dengan kereta api uap yang hanya tinggak dua unit di dunia itu.

Baca Juga : 48 Unit Motor Pebalap Liar Diamankan Polres Pasbar

"Kendati jarak yang ditempuh oleh Mak Itam tidak bisa terlalu jauh, tapi ini sudah menjadi angin segar bagi pariwisata Sawahlunto karena ikon wisata mereka telah kembali sembuh dari sakitnya," kata Aprial, salah seorang anggota Masyarakat Peduli Kereta Api (MPKA) Sumbar kepada Haluan, Selasa (5/7).

Menurutnya, beroperasinya lokomotif uap Mak Itam akan mampu menyedot animo wisatawan untuk merasakan perjalanan sejarah masa lalu, termasuk bagi wisatawan yang berniat untuk berselfie ria dengan latar lokomotif uap E 1060 tersebut.

Baca Juga : Kondisi Dua Gazebo di Pantai Kata Kota Pariaman Memprihatinkan

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf membenarkan Mak Itam yang sempat sakit selama tiga tahun sudah dapat dioperasikan kembali. Dan momentum libur lebaran Idul Fitri 1437 H dirasakan sangat tepat untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto.

"Sempat terbentur regulasi terkait perbaikanya, namun akhirnya pihak PT KAI mau untuk memperbaikinya," sebutnya. (h/mg-rki).

Baca Juga : DPD PAN Pasaman Barat Gelar Musda Secara Virtual

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]