Pemuda Bukit Bais dan Sungai Durian Kabupaten Solok Nyaris Cakak Banyak


Rabu, 06 Juli 2016 - 19:44:20 WIB
Pemuda Bukit Bais dan Sungai Durian Kabupaten Solok Nyaris Cakak Banyak Ilustrasi-Net

SOLOK, HALUAN—Ditengarai karena masalah muda-mudi, dua pemuda dari dua nagari bertetangga di Kecamatan Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Sumbar,  nyaris memancing ‘cakak banyak’, Selasa (5/7). Perselisihan yang merembet ke masalah tapal batas Nagari Bukit Bais dan Nagari Sungai Durian ini, dapat diantisipasi oleh petugas Polsek Sungai Lasi dan petugas dari Polres Solok Kota, hingga berujung perdamaian.

Kapolres Solok Kota AKBP Susmelawati Rosya melalui Kasat Sabhara AKP Poniman menyebutkan, cekcok antara dua kubu pemuda dari dua nagari bertetangga ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, atau sesaat sebelum masyarakat setempat berbuka puasa pada hari terakhir bulan Ramadan 1437 H. Mendadak tumbuh perselisihan antar pemuda yang diduga dipicu oleh persoalan muda-mudi. "Tetapi perkelahiran dapat segera kita antisipasi, sehingga tidak terjadi bentrok," kata AKP Pojokan menjawab Haluan, Rabu (6/7).

Kapolsek Sungai Lasi AKP Safar yang mendapat informasi dari warga terkait adanya perselisihan yang berpotensi ‘cakak banyak’ ini, langsung datang ke lokasi bersama jajarannya. Kapolsek bahkan segera menginformasikan kejadian ini ke Mapolres Solok Kota, sehingga Kapolres  AKBP Susmelawati Rosya ikut turun bersama Kasat Sabhara AKP Poniman dengan mengerahkan satu pleton anggota.

AKP Poniman menambahkan, sebelum terjadi bentrok,  pihaknya berhasil melokalisir kedua kubu pemuda yang telah siap melakukan aksi cakak banyak. Masing-masing pemuda ada yang membawa senjata kayu, ladiang dan bahkan senjata tajam lainnya. "Tetapi tidak terjadi bentrok, baru sebatas mengancam-ancam. Petugas segera mengantisipasi perkelahian," ujar Poniman.

Menyiasati agar konflik antar pemuda tidak merebak menjadi cakak banyak antar nagari ini, Kapolres Solok Kota bersama Camat Sungai Lasi dan Muspika setempat berusaha melakukan musyawarah dengan pemuka masyarakat Bukit Bais dan Sungai Durian. Sehingga, konflik muda-mudi yang merembes ke masalah tapal batas nagari itupun dilakukan perundingan di kantor camat Sungai Lasi.

Hingga pukul 01.00 dini hari, perundingan itupun mulai menunjukkan titik terang dengan beberapa kesepakatan diantaranya masyarakat di dua nagari bertetangga ini sepakat untuk kembali saling menjaga suasana kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]