Pentas Seni Anak Nagari Meriahkan Perayaan Idul Fitri di Cupak


Rabu, 06 Juli 2016 - 00:07:11 WIB
Pentas Seni Anak Nagari Meriahkan Perayaan Idul Fitri di Cupak PENTAS SENI--Warga dari berbagai kalangan tampak antusias menyaksikan Pentas Seni Anak Nagari yang digelar oleh anak Nagari Cupak, Rabu (6/7). YUTISWANDI

AROSUKA, HALUAN -- Pagelaran pentas seni anak nagari mewarnai kemeriahan pesta kemenangan Idul Fitri 1437 H di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang, Rabu (6/7) malam. Kegiatan yang digelar di pelataran parkir Pasar Baru Cupak itu praktis menyedot animo masyarakat yang melintasi daerah itu, sehingga bekas jalur lintas Sumatera itu macet karena dipadati pengunjung yang datang dari berbagai kalangan.

Selain untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri, pagelaran itu sekaligus menjadi momentum merajut tali silaturrahim antara warga nagari Cupak  yang datang dari perantauan dan yang tinggal di kampung halaman.

"Banyak generasi muda kita yang tidak saling mengenal satu dengan yang lainnya, terlebih mereka yang besar di perantauan. Melalui kegiatan ini kita ingin merekatkan rasa badunsanak yang cenderung telah mulai memudar saat ini," kata pegiat Forum Kesenian Batu nan Limo Cupak Rizal Intan Sati Pandeka Alam kepada Haluan.

Kegiatan ini, kata dia, telah dilaksanakan sejak Senin (4/7) kemaren yang diawali dengan Lomba Bintang Kasidah tingkat Kabupaten Solok dan akan ditutup pada Minggu (10/7) besok. Kegiatan itu juga akan menampilkan seluruh kesenian anak nagari seperti Randai, Silek Tradisi, Tari Piring, Indang dan lain-lain.

"Ini adalah momennya kita mengenalkan kesenian tradisional yang menjadi budaya turun temurun anak nagari Cupak. Selama ini generasi muda cenderung lebih menggandrungi budaya luar Minangkabau seperti orgen tunggal yang lebih besar mudarat ketimbang manfaatnya," bebernya.

Searah dengan itu, ketua BMN Cupak Mevi Nofira Dt. Rajo nan Kayo menyebutkan kegiatan itu sekaligus diharapkan mampu menangkis pengaruh negatif yang merusak moral dan akhlak generasi muda seperti judi dan narkoba.

"Masuknya budaya luar yang membawa pengaruh negatif bagi generasi muda sangat mengkhawatirkan saat ini. Membudayakan kesenian tradisional yang sarat dengan makna dan pesan moral diharapkan mampu menangkapnya," tukas Mevi. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]