Jemaah Satariyah di Pesisir Selatan Salat Id Hari Ini


Jumat, 08 Juli 2016 - 10:29:32 WIB
Jemaah Satariyah di Pesisir Selatan Salat Id Hari Ini JEMAAH SATARIYAH--Beberapa orang jemaah Satariyah keluar dari Masjid Nur Aman, Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, setalah melaksanakan salat Id, Jumat (8/7). (HOLY ADIB)

PESSEL, HALUAN--Sebanyak 200 orang lebih jemaah Satariyah Masjid Nur Aman (Masjid Unciang), Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, melaksanakan salat Id, Jumat (8/7).

Meski takbir dan azan dilakukan tanpa menggunakan pengeras suara, jemaah ini menuju masjid sejak pukul 7.00 WIB hingga dimulainya salat pada pukul 7.35 WIB. Usai salat dan ceramah pada pukul 8.00 WIB,

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Haluan menemui, Amirullah (44), imam jemaah tersebut. Jemaahnya merupakan satu kelompok dari belasan kelompok Sattariyah di Pesisir Selatan yang melaksanakan salat Id pada hari itu.

Sepengetahuannya, Jemaah Satariyah di kabupaten itu berjumlah ribuan, mulai dari Lunang Silaut, Tapan, Pungasan, Balai Selasa, Kambang, Sutera, Batang Kapeh, Taluak Batuang, IV Jurai, Bayang, hingga Tarusan.

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

Ia menjelaskan, jemaah Satariyah di Pesisir Selatan melaksanakan salat Id dua hari lebih lambat dibandingkan dengan jadwal salat Id kaum muslim pada umumnya di Indonesia karena baru kemarin melihat hilal menggunakan mata telanjang.

Penetapan 1 Syawal bagi jemaah Satariyah, kata Amirullah, serentak di seluruh Indonesia. Mereka mengetahui penetapan 1 Syawal berawal dari pertemuan dengan guru dan jemaah Sattariyah di Ulakan, Padang Pariaman pada dua minggu sebelum Ramadan.

Baca Juga : Berikut Rincian Sumber Bantuan Bencana Banjir Bandang Solsel 2019

Ia menuturkan, pada pertemuan itu disepakati penetapan hari untuk melihat 1 Ramadan dan 1 Syawal. Untuk tahun ini, mereka menetapkan 1 Ramadan pada 8 Juni dan 1 Syawal pada 8 Juli.

Jadi, kemarin mereka masih berpuasa. Ia menambahkan, rangkaian kegiatan jemaahnya setelah Lebaran ini adalah melaksanakan pengajian tiga kali seminggu. Kegiatan itu akan dimulai sebulan setelah Lebaran. (h/dib)

Baca Juga : Kuota Berkurang, Disperta Solsel Sarankan Petani Manfaatkan Pupuk Organik

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]