Lebaran, Pemnag Talunan Sidak Pelaksanaan Proyek ADD


Jumat, 08 Juli 2016 - 17:23:13 WIB
Lebaran, Pemnag Talunan Sidak Pelaksanaan Proyek ADD MENINJAU PROYEK--Walinagari, Bamus, dan jajaran Pemnag Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, saat melakukan inspeksi mendadak di salah satu titik pembangunan Posyandu, Jumat (8/7). IST

SOLOK SELATAN, HALUAN--Pemerintahan Nagari (Pemnag) Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan proyek yang dibiayai oleh Alokasi Dana Desa (ADD). Sekretaris Nagari Talunan, Hendrik Patriona mengatakan, sidak tersebut untuk memeriksa kesesuaian pengerjaan proyek dengan dana dan spesifikasi proyek tersebut. 

"Kami ingin dana ini digunakan sebaik-baiknya untuk kemajuan nagari. Jadi, kami tak ingin ada penyelewengan dana dalam pelaksanaan proyek ini," ujar Hendrik (Erik) kepada Haluan melalui sambungan telepon, Jumat (8/7). Pihaknya berencana melakukan sidak mulai hari ini hingga dua hari ke depan. 

Erik melanjutkan, tujuan lain sidak tersebut adalah untuk transparansi ADD kepada masyarakat. "Kami menjelaskan kepada masyarakat melalui selebaran tentang jumlah dana untuk sebuah proyek dan kegiatan proyek tersebut," tuturnya. 

Pada sidak yang dilakukan ke sejumlah titik pembangunan jalan dan Posyandu tersebut, pihaknya menemukan temuan kecil, seperti penyusutan pasir. Misalnya, pasir untuk sebuah proyek yang seharusnya 5 kubik, ditemukan cuma 4,6 kubik. Pihaknya belum mengetahui penyebab penyusutan tersebut. Apakah karena tercecer di jalan atau karena faktor lain, itulah yang akan dikonfirmasi kepada Ketua Teknis Pelaksana Kegiatan (TPK) proyek. 

"Proyek ini dilaksanakan oleh masyarakat secara bergotong royong, namun tetap diawasi oleh Pemnag dengan menempatkan staf nagari sebagai Ketua TPK," tutur Erik.

Ia melanjutkan, proyek yang dibiayai ADD tersebut mulai dikerjakan sejak Pemkab Solok Selatan menyalurkan ADD ke kas Pemnag Talunan seminggu lalu. Dana cair pada Tahap I ini sebesar 40 persen dengan jumlah Rp620.060.800. Pihaknya menggunakan dana tersebut untuk membangun 7 titik jalan dan 2 Posyandu.

Sidak kali ini diikuti oleh walinagari Talunan dan jajarannya, dan Ketua Bamus nagari tersebut. (h/dib)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]