Cara Unik Rayakan Lebaran, Warga Banda Rabuk Gelar Aneka Lomba di Sawah


Jumat, 08 Juli 2016 - 23:59:51 WIB
Cara Unik Rayakan Lebaran, Warga Banda Rabuk Gelar Aneka Lomba di Sawah MERIAHKAN LEBARAN--Beberapa peserta dari kalangan kaum hawa, tampak semangat mengikuti lomba tarik tambang di dalam sawah, yang digelar oleh Korong Banda Rabuk, Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok, Jumat (8/7). Berbagai perlombaan digelar di dalam sawah demi memeriahkan lebaran 1437 H. YUTISWANDI

AROSUKA, HALUAN--Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat dalam merayakan momen lebaran. Mulai dari raun sabalik dengan mengunjungi berbagai tempat wisata, mengunjungi sanak famili  guna merajut silaturrahmi hingga menggelar berbagai lomba penampilan kesenian dan pertandingan olahraga.

Namun bagi masyarakat yang berada di Korong Banda Rabuk, Jorong Bawah Duku, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, perayaan  lebaran nyaris sama dengan yang dilakukan oleh warga kebanyakan. Masih ada panjat pinang dengan beragam hadiah menarik, sepak bola ria hingga tarik tambang.

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Namun uniknya, semua lomba yang digelar pada hari ke-3 setelah lebaran, Jum'at (8/7) tersebut digelar di dalam petakan sawah yang becek, berlumpur dan kumuh. Tak seperti lomba-lomba perayaan kebanyakan yang digelar di lapangan terbuka dan kering.

"Kita ingin sesuatu yang beda. Dengan balunau (berlumpur) justru makin menambah keceriaan dan kegembiraan dari kegiatan ini," kata Sri Mulyani (34) salah seorang warga yang ikut berkumuh-kumuh ria di dalam sawah bersama warga lainnya.

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

Tak ayal, kegiatan ini praktis menyedot animo warga yang tak hanya ingin menonton, namun juga ikut menjadi peserta dalam berbagai perlombaan tersebut. Tak hanya pemuda, para orang tua dan anak-anak pun antusias mengikuti perayaan kemenangan idul fitri tersebut.

"Dari pada pergi raun, di mana-mana macet. Lebih baik gabung di sini, lebih heboh dan kita juga bisa bersilaturrahmi dengan warga lainnya," seru Epi Celuk, salah seorang pemuda lainnya.

Baca Juga : Berikut Rincian Sumber Bantuan Bencana Banjir Bandang Solsel 2019

Meski hadiah yang disediakan nilainya tak seberapa, namun kegiatan itu sukses membangkitkan rasa kebersamaan antara sesama warga setempat yang juga diikuti oleh para perantau. "Momen seperti ini jelas sangat langka, kotor sedikit tak mengapa lah," tukasnya. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]