Gempa Pasaman Dapat Pengaruhi Aktivitas Gunung Talamau


Ahad, 10 Juli 2016 - 18:21:53 WIB
Gempa Pasaman Dapat Pengaruhi Aktivitas Gunung Talamau Sumber BMKG

PADANG, HALUAN- Gempa yang mengguncang Pasaman, Minggu (10/9) sore ini di 10 kilometer Barat Daya Pasaman, dengan Magnitudo 5,4 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer diprediksi dapat mempengaruhi aktivitas gunung merapi Talamau.

Menurut Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar Ade Edward gempa ini merupakan gempa darat di patahan Sumatera dan tak mempengaruhi spot megatrust di perairan Indonesia.

"Saya perkirakan tidak (mempengaruhi megatrust). Tapi dapat berimbas pada (aktivitas) Gunung Talamau. Tetap waspada dan perhatikan aktifitasnya dalam beberapa minggu ke depan,"sahut Ade dalam perbincangan di grup Siaga Bencana.

Untuk itu, Ade mengimbau pada pihak terkait di Pasaman untuk mulai meningkatkan persiapan warga terkait motigasi bencana gempa. "Segeralah dorong mitigasi gempanya,"imbaunya

Sementara, Kepala BPBD Pasaman Sayuti Pohan melaporkan,  seluruh daerah pasaman terasa gempa dan cukup kuat terutama di daerah Rao.

"Sampai saat ini belum diperoleh info kerusakan akibat gempa, untuk informasi kerusakan akan di update secepatnya," kata Sayuti Pohan. (h/mat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]