Husni Kamil Manik Dalam Kenangan, Sosok Sederhana yang Berintegritas


Senin, 11 Juli 2016 - 01:08:25 WIB
Husni Kamil Manik Dalam Kenangan, Sosok Sederhana yang Berintegritas

PADANG, HALUAN--Masyarakat Sumbar benar-benar merasa kehilangan atas kepergian Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik (HKM). Namun di balik semua itu, sikap sederhana, bertanggung jawab, serta integritas seorang Husni, tetap akan menjadi panutan bagi generasi muda.

Berbagai pandangan, kisah dan kenangan manis bersama HKM, datang dari para sahabat dan sejawat. Seperti halnya Ketua KPU Sumbar, Amnasmen. Dia melihat sosok HKM sebagai seorang pejabat negara yang profesional. Meski banyak kendala yang ditemui saat sebagai penyelenggara Pemilu, namun almarhum tidak pernah mengeluh. 

"Misalnya saja, saat ia membutuhkan kendaraan dalam menjalankan tugasnya yang cukup berat. Pada tahun 2003/2004 Almarhum belum dapat kendaraan tapi ia tidak mengeluh, padahal tugasnya cukup berat," ujar mantan Ketua KPU Solok ini, Minggu (10/7).

Hal lainnya yang berkesan dari sosok HKM terang Amnasmen, adalah ketika pasca gempa 2009. HKM adalah salah satu komisioner yang ikut merasakan bekerja di tenda (ruangan darurat). Dalam bertugas, HKM dinilai mampu menjaga jarak dengan peserta pemilu, dan tidak kaku. Artinya, menjaga jarak sebagai penyelenggara yang independen, tapi tidak menimbulkan ketersinggungan bagi peserta pemilu.

"Almarhum juga memiliki komunikasi yang bagus dengan media, dan mampu menempatkan diri dengan lingkungannya. Secara pribadi hingga hari ini, HKM adalah sosok sederhana. Ia sangat menjaga integritas dan tidak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, HKM adalah sosok sederhana dan tidak berubah sikap dengan peningkatan jabatan yang diperoleh. Ia juga salah seorang yang terbilang dekat dengan HKM mengatakan, untuk saat ini yang bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan doa dan ayat-ayat Al quran dan berharap agar almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya.

Komisioner KPU Sumbar M Muftie Syarfie mengaku sangat kehilangan dengan kepergian almarhum Husni, sosok yang bersahaja dan mampu membaur dengan lingkungannya. Ia juga menilai banyak hal positif yang perlu dijadikan panutan dari sosok almarhum. Selain penuh dengan kesederhanaan, Husni juga sosok yang bertanggungjawab dan berintegritas.

"Beliau punya integritas, dan bertanggungjawab terhadap pekerjaannya. Yang membuat kita salut adalah komitmennya sangat tinggi untuk tugas-tugasnya, dan dalam keseharian di lingkungan kerja juga sederhana tidak berlebihan," ungkap Muftie.

 

Baca Juga : Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi

Sementara itu, Ketua DPW Partai Perindo Sumbar HM Tauhid juga mengaku kehilangan sosok yang santun dan bersahaja. Walaupun sudah menjadi tokoh nasional, namun tetap santun dengan senior. HKM dinilai sebagai sosok yang pandai menempatkan diri dengan lingkungannya.

"Kita tentunya merasa sangat kehilangan sosok yang bersahaja dan cerdas. Meskipun alm sudah menjadi tokoh nasional namun tetap saja sikapnya tidak berubah, bahkan terakhir bertemu dengan saya waktu Pileg 2014 di KPU pusat alm tetap melayani dengan baik," ujar Tauhid yang juga pernah menjadi anggota DPRD Sumbar periode lalu.

Terpisah, Wakil Ketua DPW PAN Guspardi Gaus menyatakan turut berduka dan kehilangan terhadap tokoh muda Sumbar yang berkiprah di tingkat nasional, dan tentunya masyarakat Sumbar juga merasakan kehilangan. Ia menceritakan, hampir 5 tahun almarhum memimpin KPU tidak pernah bermasalah.

"Hal tersebut tentunya prestasi, dan juga diakui oleh Ketua DKPP Jimly A. Tidak hanya prestasi tapi terhadap sikap almarhum tentunya juga perlu menjadi contoh bagi kita," ulas mantan Anggota DPRD Sumbar dari Komisi IV ini.

 

Baca Juga : RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor

Diketahui, Ketua KPU RI, almarhum Husni Kamil Manik, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta, Kamis 7 Juli 2016 sekitar pukul 21.00 WIB. HKM dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat 8 Juli 2016. (mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]