Syahrul Udjud: Pak Hasan Pergi, Jadikan Momen Sumbar Bersatu


Senin, 11 Juli 2016 - 01:46:03 WIB
Syahrul Udjud: Pak Hasan Pergi, Jadikan Momen Sumbar Bersatu

JAKARTA,HALUAN—Gubernur Sumbar periode 1987-1997 H Hasan Basri Durin, telah pergi dan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Sabtu (9/7). Mantan Walikota Padang Syahrul Udjud mengajak seluruh potensi ranah dan rantau untuk bersatu membangun Sumatra Barat yang jauh lebih baik. 

“Mari kita jadikan momentum kepergian Pak Hasan untuk bisa menyatukan potensi ranah dan rantau dalam membangun Sumatra Barat yang jauh lebih baik,” kata Syahrul Udjud, staf khusus Wakil Presiden RI kepada Haluan, tadi malam. 

Baca Juga : AJO Bersama Polres Pasbar Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan

Ajakan itu disampaikan Syahrul karena dia percaya dan yakin, Hasan Basri Durin (HBD) sampai akhir hayatnya selalu mendambakan Sumatra Barat yang jauh lebih baik. Dan Hasan, di mata Syahrul, adalah tipikal pemimpin yang selalu merangkul seluruh komponen baik di ranah maupun di rantau.

Tipikal HBD itu, menurut alumni Fakultas Hukum Unand itu, tercermin sampai akhir hayat beliau. Saat melepas jenazah HBD, berbagai tokoh ranah dan rantau hadir mulai dari melepas jenazah di rumah sampai ke pemakaman TMP Kalibata.

Baca Juga : Kasus Pasutri Perkosa Wanita 26 Tahun, Polda Sumbar Turunkan Tim ke Bukittinggi

Dari Sumbar hadir Gubernur Irwan Prayitno, Wagub Nasrul Abit, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Wagub Sumbar periode 2010-2015 Muslim Kasim, Walikota Padang periode 2004-2014. Sedang dari rantau terlihat Emil Salim, Azwar Anas, Irman Gusman dan sejumlah tokoh dari berbagai kalangan.

Syahrul mengatakan, ada empat hal yang perlu dicatat dari keteladanan HBD. Pertama, kemampuan beliau menyiapkan kader. Kedua, teguh pendirian dan memegang prinsip. Ketiga, mempunyai visi jauh ke depan dan keempat mampu menjaga silaturrahim, baik dengan orang yang berbeda pandangan, apalagi dengan yang sepaham.

Baca Juga : IMC Sumbar Gelar on Site Training Mapping Using Drone di Padang

Tahun 1990-an dulu ada riak-riak dalam proses pemilihan Gubernur Sumbar. Banyak orang yang tahu, HBD berseberangan dengan Syahrul Udjud. Namun itu, tidak membuat tali silaturrahim antara HBD dan Syahrul, putus.

“Tidak pernah sekalipun beliau mau menunjukkan sikap bermusuhan. Beliau selalu baik, tersenyum, bertegur sapa. Silaturrahim tetap beliau bangun, meski berbeda pendapat. Setahu saya, sikap yang sama juga beliau lakukan kepada semua orang,” kata Syahrul yang mengakui bahwa HBD adalah gurunya dalam urusan kepamongan dan bapak ideologisnya dalam soal politik.

Baca Juga : Azka Ramli Dorong Brian Putra Bastara Jadi Ketum HIPMI Sumbar

Di mata Syahrul, HBD adalah peletak dasar pembangunan Kota Padang. Di bawah kepemimpinan HBD sebagai Walikota Padang, berbagai pembangunan monumental dilaksanakan. Begitupun ketika menjadi Gubernur Sumbar selama sepuluh tahun, prestasi Sumbar mencorong di tingkat nasional. Provinsi ini mampu meraih Prayojana Krya Pata Parasamya Purnakarya Pelita V.  (h/ze)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]