Ekuador Diguncang Gempa 6,4 SR, Lokasinya Sama dengan Musibah April


Senin, 11 Juli 2016 - 11:15:55 WIB
Ekuador Diguncang Gempa 6,4 SR, Lokasinya Sama dengan Musibah April Ilustrasi Gempa Bumi

Quito - Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Ekuador bagian utara. Wilayah yang diguncang gempa ini berada di area yang sama yang hancur akibat gempa kuat pada pertengahan April lalu.

Dilaporkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dilansir AFPdan Reuters, Senin (11/7/2016), pusat gempa berada di lokasi sejauh 41 kilometer sebelah selatan kota Propicia dan 154 kilometer sebelah barat laut ibu kota Quito. Propicia terletak di sebelah kota pantai Esmeralda, yang hancur akibat gempa pada April lalu. 

USGS mencatat, gempa itu melanda sekitar pukul 21.11 waktu setempat, yang diawali oleh gempa 5,9 SR beberapa menit sebelumnya dengan pusat berjarak satu kilometer dari lokasi gempa 6,4 SR.

SGS menyebut, pusat kedua gempa itu berada di kedalaman 35 kilometer dari permukaan laut. Belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa bumi ini.


Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak merilis peringatan tsunami yang dipicu gempa ini.

Ekuador masih dalam upaya pemulihan usai gempa kuat 7,8 SR yang mengguncang 16 April lalu dan menewaskan 700 orang. Gempa dahsyat itu meratakan rumah warga dan berbagai gedung di sepanjang pantai Ekuador yang berbatasan dengan Samudera Pasifik.
(nvc/mad)

Sumber : detik.com --> http://bit.ly/29AaXFW

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]