Ribuan Calon Mahasiswa Unand Terancam Gagal Terima Bidikmisi


Senin, 11 Juli 2016 - 18:47:31 WIB
Ribuan Calon Mahasiswa Unand Terancam Gagal Terima Bidikmisi Ilustrasi-Net

PADANG, HALUAN—Universitas Andalas (Unand) akan memverifikasi kembali calon mahasiswa Unand yang lulus bidikmisi pada 13-14 Juli nanti. Hal ini dilakukan karena jumlah calon mahasiswa bidikmisi yang lulus melebihi kuota yang disediakan pemerintah.

Berdasarkan pemberitahuan yang dimuat di laman website Unand, terdapat 1.575 calon mahasiswa bidikmisi yang lulus di Unand. Dengan rincian, 674 lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 901 orang melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Sementara, berdasarkan hasil rapat dengan Dirjen Belmawa, Unand hanya mendapat kuota bidik misi sebanyak 480 orang. Sisanya, 1.095 orang lagi harus membayar UKT sesuai dengan level yang ditetapkan atau mendapatkan beasiswa lainnya.

Baca Juga : Polri Pastikan Konsep Pam Swakarsa Komjen Listyo Sigit Berbeda dengan Tahun 1998 

 “Mengatasi hal ini, kami juga mengajukan proposal kepada gubernur untuk membantu calon mahasiswa bidikmisi ini. Jika mereka lulus beasiswa bidikmisi berarti mereka ini memiliki ekonomi lemah,” ucap Wakil Rektor I Unand Dachriyanus, ketika dihubungi Minggu (10/7).

Ia juga mengatakan, seleksi ini memang hal sulit yang harus dilakukan Unand. Mengingat calon mahasiswa sudah dinyatakan mendapatkan beasiswa sebelum mereka lulus di perguruan tinggi negeri.

Baca Juga : Menko PMK Muhadjir Bagi-bagi Gadget, Ada Apa?

Dachriyanus juga mengatakan, 1.575 calon mahasiswa lulus bidikmisi ini sebelumnya sudah melakukan pra pendaftaran pada 30 Juni-5 Juli lalu dan melakukan pembayarang Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai yang ditetapkan. Nantinya, bagi yang dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa bidimisi, UKT yang dibayarkan akan dikembalikan sesuai dengan ketentuan berlaku.

“Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan pra pendaftaran sesuai dengan jadwal tersebut, maka level UKT nya ditetapkan pada level tujuh (level tertinggi). Apabila data yang diisikan oleh calon mahasiswa tidak sesuai dengan hasil verifikasi, akan diberikan sanksi dan sanksi terberat adalah dicabut haknya sebagai mahasiswa Unand,” ucap Dachriyanus.

Baca Juga : Presiden Jokowi Serukan Langkah Global Tangani Dampak Perubahan Iklim

Verifikasi calon mahasiswa bidikmisi ini akan dilakukan dengan mewawancarai dan melakukan kunjungan ke lapangan. Kepada mahasiswa claon beasiswa bidik misi diminta untuk membawa beberapa dokumen. Di antaranya, bukti pendaftaran beasiswa bidikmisi, fotokopi kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu dari lurah, membawa slip gaji bagi orang tua PNS atau pegawai BUMN, bukti pembayaran PBB, bukti rekening listrik dua bulan terakhir, foto rumah luar dan dalam, dan asuransi kesehatan. (h/eni)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]