Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa


Selasa, 12 Juli 2016 - 11:14:02 WIB
Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa dituntut harus lebih dewasa dan mandiri. Salah satu bentuk belajar mandiri yang banyak dilakukan mahasiswa adalah membuka usaha sampingan. Keuntungan menjalankan usaha tambahan bagi mahasiswa selain mendapatkan penghasilan tambahan, juga mendapatkan banyak kawan baru.

Bisnis yang cocok dan tepat untuk mahasiswa adalah bisnis rumahan yang tidak mengganggu aktivitas kuliah. Anda bisa pilih usaha tambahan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut adalah jenis-jenis usaha mahasiswa yang menarik.

Baca Juga : Soal Minta Nita Thalia Jadi Istri Kedua, Ini Kata Raffi Ahmad

Jasa penulisan

Jika Anda memiliki passion menulis, apa yang Anda sukai itu bisa berpeluang jadi pekerjaan sampingan. Saat ini banyak agensi penulis yang membuka kesempatan kepada mahasiswa bekerja paruh waktu sebagai penulis.

Baca Juga : Shafa Harris Pamer Kekasih Baru, Pria Bertato dan Berkumis Tipis

Anda juga bisa membuka jasa penulisan secara online lalu mempromosikan jasa tersebut melalui blog dan media jejaring sosial. Menjadi penulis freelance sifatnya tidak terikat, jadi Anda bisa tetap fokus kuliah.

Jasa penerjemah

Baca Juga : Nita Thalia: Mau Nikah sama Kalina, tapi Sampai Sekarang Vicky Masih Ngejar-ngejar Saya

Selain menulis Anda bisa membuka usaha dengan memanfaatkan kemampuan bahasa Asing yang Anda kuasai, yaitu jasa penerjemah. Saat memulai bisnis ini, Anda bisa menawarkan kepada kawan-kawan mahasiswa yang lain untuk menerjemahkan buku atau tugas kuliah.Menjadi penerjemah hanya membutuhkan modal kemampuan dan keterampilan bahasa dan didukung perangkat komputer.

Jasa isi pulsa

Baca Juga : Begini Reaksi Gisel saat Dikenalkan dengan Karen Nijsen

Saat ini handphone sudah menjadi bagian penting yang menemani hari-hari. Selain digunakan sebagai media komunikasi (telepon atau SMS) handphone bisa dijadikan sebagai media hiburan dan membaca. Terutama hadirnya fasilitas internet dan jejaring sosial pada viturnya membuat handphone menjadi benda yang paling sibuk.

Agar komunikasi atau kegiatan lainnya di handphone bisa berjalan dengan lancar, maka perlu diisi pulsa. Bisnis pulsa cocok dijalankan mahasiswa. Jika ada mahasiswa yang kehabisan pulsa saat diruang kelas bisa Anda tawarkan. Namun konsekuensinya harus siap Anda terima yaitu banyak mahasiswa yang bayarnya menyusul atau cash-bon. Oleh sebab itu, menjalankan bisnis ini perlu strategi dan tegas. Baca juga: Usai Pelatihan Keterampilan, Pemuda Manggilang Dibantu Modal Usaha

Menjadi blogger

Menjadi blogger saat ini menjadi trand, bukan hanya dikalangan anak muda saja, ada juga blogger yang sudah berumur. Menjadi blogger ternyata berpeluang mendapatkan tambahan penghasilan.

Jualan e-book

Semakin banyaknya pengguna internet, membuka peluang beragam usaha sampingan yang bisa dijalankan melalu internet. Salah satunya yang sedang populer saat ini adalah bisnis pembuatan e-book.

Digital book atau e-book adalah singkatan electronic book. Apa yang Anda tulis bisa apa yang Anda sukai. Membuat ebook sama halnya seperti membuat sebuah buku, usahakan isinya dalah karya sendiri bukan hasil dari copy paste.

Jualan kaos

Usaha kaos merupakan usaha rumahan yang menjadi trand anak muda. Sebelum memulai bisnis ini Anda harus menentukanapakah kaos yang dijual diproduksi sendiri atau ambil dari grosir. Memiliki banyak jaringan konveksi dan jasa sablon memberikan keuntungan, Anda diskusi mengenai karakter bahan, baha-bahan kaos dan harga pemesanan yang lebih murah.

Jasa pembuatan website

Hampir semua kantor, sekolahan, kampus, badan usaha, bisnis hingga personal yang memiliki blog/website. Website atau blog adalah fasilitas yang disediakan di internet yang memungkinkan pemilik untuk menginformasikan, bercerita berbagai hal yang menurut mereka sukai. Biasanya bisnis ini dijalani oleh mahasiswa jurusan IT Karena dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan mengolah kode html.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang jurusannya bukan IT bisa menjalankan usaha sampingan ini. Jasa pembuatan website bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang jurusan. Yang penting adalah niat untuk belajar dan terus mencari tahu bagaimana cara membuat website sendiri.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]