Satu Hektare Lahan Bukit Sebelah Terbakar


Selasa, 12 Juli 2016 - 15:50:33 WIB
Satu Hektare Lahan Bukit Sebelah Terbakar Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan

SIJUNJUNG, HALUAN-- Tim pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung, berhasil memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Bukit Sebelah Kecamatan Tanjung Gadang, Selasa (12/7). Diperkirakan luas lahan yang terbakar tersebut mencapai kurang lebih satu hektare.

Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung Hardwian SP mengatakan bahwa kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang melihat kepulan asap dari lahan yang berada di lokasi kejadian. Warga dengan sigap langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak BOBD Kabupaten Sijunjung. “Setelah mendapatkan laporan tersebut, kita langsung menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran untuk memdamkan api  agar tidak membesar dan merembet ke wilayah sekitarnya. Alhamdulillah sampai saat ini api sudah padam,” ujarnya kepada wartawan (12/7) di ruang kerjanya.

Hardiwan menambahkan dalam minggu-minggu ini anggota BPBD Sijunjung terus siaga dalam menghadapi kebakaran dan siap berjibaku memadamkan api karena hal tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab anggot BPBD Kabupaten Sijunjung. Namun pihaknya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, baik saat membersihkan lahan maupun ketika membuka lahan baru. “ Saat musim cuaca panas dan kering seperti ini ditambah tiupan angin yang kencang, api akan sangat mudah membesar,” paparnya. (h/ogi)

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]