IKLS Jakarta Pulang Basamo Usai Lebaran


Selasa, 12 Juli 2016 - 21:36:23 WIB
IKLS Jakarta Pulang Basamo Usai Lebaran PULANG BASAMO- Ikatan Keluarga Lumindai Sekitar (IKLS) Jakarta saat berkumpul di Sawahlunto. FADIL

SAWAHLUNTO, HALUAN - Tidak kurang dari 200 perantau Lumindai Sawahlunto, yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Lumindai Sekitar (IKLS) Jakarta gelar pulang basamo.

"Kami sengaja pulang usai lebaran, sebab sebelum lebaran kami mengadu peruntungan dulu," ujar Ketua IKLS Jakarta, Anasrullah, kepada Haluan, di sela-sela Halal Bi Halal, warga Lumindai Sawahlunto, Selasa (12/7).

Menurut Anasrullah, pulang basamo yang digelar hampir setiap tahun itu, tidak terlepas dari keinginan para perantau untuk mendekatkan anak keturunan mereka dengan kampung halaman. Sebab, jumlah warga Lumindai di perantauan, sudah hampir sama dengan warga yang ada di kampung halaman.

Jika keturunan masyarakat Lumindai yang lahir di perantauan tidak diperkenalkan dengan tanah kelahiran orang tuanya, bisa jadi ke depannya akan terputus tali silaturrahmi dengan kampung halaman.

Dalam halal bi halal yang digelar di tengah Pasar Lumindai itu, ternyata ada perantau yang sudah 21 tahun tidak pulang ke tanah kelahirannya. 

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf yang hadir bersama Wawako Ismed dan Sekda Rovanly Abdams beserta kepala SKPD mengatakan, pemerintah sangat mendorong hal itu, namun masih ada kendala pembebasan lahan yang terkena pelebaran jalan. (h/dil)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM