Industri Kapur Bukit Tui Akan Diaktifkan Kembali


Kamis, 14 Juli 2016 - 22:00:16 WIB
Industri Kapur Bukit Tui Akan Diaktifkan Kembali Industri Kapur Bukit Tui Padang Panjang. NET

PADANG PANJANG, HALUAN-Industri Kapur Bukit Tui  yang merupakan salah satu potensi daerah yang pernah memberikan kejayaan terhadap kota berjuluk “Serambi Mekah” pada era tahun 80-an, akan diaktifkan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, meskipun telah sekian lama tidak tergarap.

Pantauan Haluan di lapangan, terlihat pengelolaan Batu Kapur hingga saat ini, masih tetap berjalan dan menjadi salah satu mata pencarian masyarakat sekitar. Khususnya, bagi pekerja penambang batu dan pekerja tungku, tetapi hasil dari kekayaan daerah itu, belum bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah.

Baca Juga : RSUD Lubuk Basung Siapkan 10 Tenaga Medis Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Prof.Edwar Juliartha ketika berbincang-bincang dengan Haluanmenyebutkan, wacana untuk penataan dan pengelolaan Batu Kapur Bukit Tui itu, sebenarnya sudah menjadi salah satu program unggulan dari Wali Kota Hendri Arnis dan Wawako Mawardi. Apalagi, potensi daerah yang dibiarkan “menggunung” tersebut, sempat jaya dan berimbas besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Wacana ini sebenarnya sudah lama ada, tetapi dalam pelaksanaannya kita juga harus mengkaji berbagai persoalan yang akan terjadi, baik dalam proses penambangan, penjualan produk maupun mengenai keberadaan lahan. Apalagi, sama kita ketahui kawasan Bukit Tui tersebut termasuk dalam kawasan Hutan Lindung,” sebut Edwar. (h/mg-piz)

Baca Juga : Akhir Minggu, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Agam Semakin Diminati

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]