Bakso Bakar Penyebab Keracunan Anak Disita


Sabtu, 16 Juli 2016 - 01:45:08 WIB
Bakso Bakar Penyebab Keracunan Anak Disita

AGAM, HALUAN -- Bakso bakar yang menyebabkan belasan anak di, Nagari Matur, Kabupaten Agam keracunan disita pihak kepolisian, untuk diuji labor. Sampai saat ini belum ada pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. 

Kasat Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Agam, AKP Syafrizen, kasus tersebut belum dilimpahkan ke Polres Agam. Katanya, sampai saat ini kasus itu masih ditangani oleh Polsek Matur. Tetapi pihak Polsek tetap kordinasi, polisi sudah menyita bakso bakar tersebut, sebagai barang bukti untuk diperiksa.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

“Paska kejadian Kepolisian Sektor Matur langsung mengambil tindakan dan membawa korban ke Puskesmas Matur, dan Rumah Sakit Ahmad Mochtar Bukittinggi. Sampai saat ini korban keracunan tersebut masih dalam perawatan rumah sakit. Sementara yang di Puskesmas sudah pulang,” katanya.

Untuk memastikan adanya zat-zat yang membahayakan harus dilakukan uji labor dulu. Kejadian ini patut disayangkan, apabila nanti terbukti adanya kelalaian dari pedagang, tentunya akan diproses secara hukum. “Kita sudah berkordinasi dengan pihak terkait dan bakso sudah diamankan jadi barang bukti,” katanya.

Baca Juga : Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub

Dikatakannya, kejadian ini merupakan kali pertama sejak beberapa tahun silam. Ia mengimbau para orang tua agar memperketat jajanan anak, sehingga mereka tidak berbelanja secara sembarangan. Kalau sudah seperti ini siapa yang akan dipersalahkan. 

“Diperlukan pengawasan dari orang tua agar anak tidak jajan di sembarang tempat. Berikan nasehat, Apabila tidak diingatkan yang namanya anak akan berbelanja sekehendak hati mereka. Kalau perlu apabila pergi sekolah bekali dengan makanan dari rumah, sehingga anak tidak jajan lagi di sekolah,” jelasnya.

Baca Juga : FOTO: Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

Seperti diberitakan Haluan kemarin, sebanyak 11 anak asal Nagari Batu Mudiak, Kecamatan Matur, Agam dilarikan ke rumah sakit karena keracunan makanan. Mereka dilarikan ke  Puskesmas Matur sejak pukul 16.00 WIB tujuh lainnya dirujuk dan dalam perawatan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM), Bukittinggi.

Ke 11 korban keracunan makanan yang  setelah mengonsumsi bakso tusuk bakar, Kamis (14/7) kemarin.  Menurut Wali Nagari Batu Mudiak, Kamal tiga korban lainnya masih dirawat di Puskesmas Matur dan satu lainnya sudah diperbolehkan pulang karena kondisi sudah berangsul normal.

Baca Juga : Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

"Satu korban yang sudah diizinkan pulang merupakan anak penjual bakso, karena cepat ditangani jadi kondisinya mulai membaik sehingga telah diizinkan pulang," jelasnya.(h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]