Empat Perampok Toko Emas Diringkus, Tiga Lagi Dikejar


Sabtu, 16 Juli 2016 - 02:25:46 WIB
Empat Perampok Toko Emas Diringkus, Tiga Lagi Dikejar

PADANG, HALUAN - Empat kawanan perampokan bersenjata di Toko Emas Dewi Murni Pasar Belimbing Kuranji berhasil diringkus  Satuan Reskrim Polresta Padang.

Kapolresta Padang, AKBP Chairul Azis mengatakan penangkapan empat orang tersangka dilakukan pada hari Rabu sekira pukul 14.30 WIB.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

Bermula dari  penangkapan tersangka berinisial ZN (35) warga Jalan Raya Siteba No 43. Kelurahan Surau Gadang , Kecamatan Nanggalo, Padang.

Setelah dilakukan introgasi dan dilakukan pengembangan berhasil pula di amankan MA (59) Warga Dusun Sawah Baro Jalan Pasar Baru Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok beserta Istrinya FT (51).

Baca Juga : Alokasi Pupuk Bersubsidi di Solsel Berkurang, Tidak Cocok dengan Target Tanam

Sedangkan untuk satu orang tersangka lagi AD (32) warga Kampung Jua No 24, Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang berhasil diamankan, Kamis (14/7) sekitar pukul 01.00 WIB.

Dijelaskannya, Kurang lebih satu bulan  jajaran Satreskrim Polresta Padang  memburu tersangka dengan membuat suatu Tim yang bertujuan untuk melakukan penyelidikan terhadap langkah-langkah pelaku.

Baca Juga : Jadi Biang Kerok Banjir, DPRD Sumbar Dorong Percepatan Normalisasi Batang Lembang

Hasilnya,  didapatkan beberapa jalur gerak gerik pelaku yang tersorot oleh CCTV.
Sehingga pada hari yang ke 38 di dapatkan informasi dari petugas penyelidikan yang mengarah pada salah seorang tersangka yang juga di duga terlibat pemakaian narkoba.
Tidak mau burunannya hilang pihak kepolisian langsung melakukan pengembangan untuk mendapatkan tersangka-tersangka yang lain. Alhasil tiga pelaku lagi juga berhasil diamankan.
Sementara berdasarkan pengakuan Kapolres, pihaknya masih mengejar tiga orang tersangka yang juga terlibat dalam perampokan tersebut.

Karena dari hasil pengembangan terdapat tujuh orang pelaku  yang masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO).
Barang bukti yang berhasil diamankan oleh pihak kepolisian Dari hasil pengembangan terhadap tersangka,  emas yang dirampok pelaku tidak mencapai 4 kg, tetapi hanya 1,8 kg saja.
"Setelah dilakukan pengembangan, tersangka mengakui kalau emas yang berhasil dirampoknya hanya seberat 1,8 kg," ujar Kapolresta Padang.
Ditambahkannya, aksi perampokan yang dilakukan oleh tersangka merupakan perencanaan yang telah disusun sebelumnya saat berada dalam tahanan.
 "Tiga orang dari empat tersangka pernah berada dalam ruang tahanan yang sama  yaitu di Lembaga Permasyarakatan (LP) kelas IIA Muaro Padang.

Baca Juga : Kodim 0305 Pasaman Temukan Kesadaran Warga Patuhi Prokes Masih Rendah

Sedangkan tersangka perempuan FT yang merupakan istri dari MA hanya mengikuti perbuatan yang dilakukan oleh suaminya," ujarnya.
Informasi yang berhasil di himpun Haluan, tiga orang tersangka ZN, MA dan AD pernah terkait kasus yang sama, sehingga mereka di tahan oleh pihak kepolisian, dan ditempatkan di LP Muaro Padang.
Saat ini Empat orang tersangka masih diamankan di Mapolresta Padang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, (h/mg-ina).

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]