Ungkapkan Rasa Syukur, Masyarakat Pincuran Tujuah Gelar Tradisi Mambantai di Kapalo Banda


Ahad, 17 Juli 2016 - 15:57:43 WIB
Ungkapkan Rasa Syukur, Masyarakat Pincuran Tujuah Gelar Tradisi Mambantai di Kapalo Banda Anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadigoe memberikan kata sambutan jelang digelarnya tradisi Mambantai di Kapalo Banda di Pincuran Tujuah, Tanah Datar. IWAN DN

TANAH DATAR, HALUAN - Tradisi  Syukuran Mambantai di Kapalo Banda di Pincuran Tujuah, Kecamatan Batipuah, Tanah Datar yang dilaksanakan setiap tahun masih bertahan hingga saat ini.

Sabtu (16/7), masyarakat Jorong Pincuran Tujuah menyediakan dua ekor sapi untuk penyelenggaraan proses syukuran tersebut. Hadir, Anggota DPR-RI Betty Shadiq Pasadigoe, Bupati Tanahdatar yang diwakili Staf Ahli Bupati Adrion, Anggota DPRD Sumbar B Datuak Tuo, Anggota DPRD Tanah Datar Afrizal Mutwa, Camat Batipuah, Walinagari Batipuah Baruah, Niniak Mamak se-Batipuah, Walijorong, Ketua umum Himpunan Keluarga Batipuah (HKB) H Zulfahmi Kt Panduko Sinaro beserta  undangan lainnya serta Mahasiswa KKN universitas Bung Hatta Padang.

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Ketua panitia Mambantai di Kapalo Banda, Kaktik Sati menyebutkan, tradisi ini dilakukan rutin sebagai ungkapan  rasa syukur atas nikmat Allah yang telah memberikan mata air untuk mengaliri tujuh pincuran dan irigasi persawahan bagi masyarakat Pincuran Tujuh dan Gunungrajo

Anggota DPR-RI Betty Shadiq Pasadigoe dalam kesempatan itu meminta masyarakat untuk  bersyukur atas karunia Tuhan ini, agar tetap memberikan manfaat untuk perekonomian. Selain itu, anggota Komisi IX itu juga mengaku tetap akan menampung seluruh aspirasi masyarakat, sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

Senada dengan itu, B Dt Tuo dan Afizal Mutwa juga meminta agar masyarakat menjadikan agenda syukuran Mambantai di Kapalo Banda sebagai ajang menjalin silaturahmi.

Bupati Tanahdatar yang diwakili staf ahli Bupati Adrion dalam sambutannya menyatakan terimakasih kepada Betty Shadiq Pasadigoe anggota DPR-RI , B Dt Tuo anggota DPRD Sumbar serta Afrizal Mutwa anggota DPRD Tanahdatar untuk mendukung pembangunan di Luhak nan Tuo mengingat kecil nya anggaran daerah.

Baca Juga : Berikut Rincian Sumber Bantuan Bencana Banjir Bandang Solsel 2019

Acara Baralek syukuran Mambantai di Kapalo Banda tersebut juga dimeriahkan hiburan Salawat Dulang. Dana yang terkumpul melalui kegiatan ini diperuntukkan bagi pembangunan Masjid Pincuran Tujuah. (h/one)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]